Program Rumah DP 0 Persen di Sanggau Jangan Hanya untuk PNS

oleh
Ketua Komisi D DPRD Sanggau, Robby Sugianto. Foto : Indra

SANGGAU – Ketua Komisi D DPRD Sanggau, Robby Sugianto meminta program rumah dengan DP 0 persen yang dicanangkan Bupati Sanggau, Paolus Hadi tidak hanya diperuntukan untuk PNS saja, akan tetapi bisa menyasar warga kurang mampu yang belum memiliki rumah.

“Saya menyambut baik dengan adanya inisiatif dari Pemda Sanggau untuk mencanangkan rumah tanpa DP atau DP 0 persen. Hanya saja perlu diperhatikan segala faktor pendukung program tersebut. Seperti lahan, perbankan, infrastruktur, termasuk jaringan listrik dan air bersih,” kata Robby dihubungi B-ONETV, Senin (13/11/17).

Politisi Gerindra ini juga meminta komitmen stakeholder, terutama pihak perbankan yang akan menjadi mitra dalam merealisasikan program ini. Seperti berapa bunganya dan tenor waktu pembayaran kreditnya, jangan sampai malah memberatkan dan pada akhirnya tidak tepat sasaran.

Program yang semula diperuntukan bagi warga berpenghasilan rendah, lanjut dia, jangan malah dijadikan bisnis bagi pihak lain akibat perencanaan yang kurang matang.

“Kita mendukung program ini. Meskipun saya belum mendengarkan secara lansung terkait program rumah DP 0 persen ini dari Bupati,” pungkas Robby.

Untuk tahap awal, program tersebut hanya menyasar PNS. Menanggapi itu, menurut politisi daerah pemilihan Balai – Tayan Hulu – Parindu ini, kalau sasarannya PNS berarti kemungkinan besar pembangunan akan dipusatkan di kota Sanggau.

Namun, Robby mengingatkan, masyarakat lain juga perlu diberikan kesempatan yang sama.

“Kan nanti ada syarat dan ketentuan berlakunya. Oleh sebab itu, jangan hanya dibatasi bagi PNS. Saya kira setiap warga berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Hanya saja mekanismenya seperti apa dan kriterianya bagaimana,” tuturya.

Dia menambahkan, program tersebut harus direncanakan dengan sangat matang. Harus benar-benar dirumuskan kesepakatan dengan pihak Perbankan agar bisa menguntungkan semua pihak.

“Artinya memudahkan dan Perbankan juga masih bisa berjalan. Kemudian, faktor lokasi juga akan mempengaruhi harga jual serta infrastruktur turut berperan penting bagi suksesnya program tersebut,” ujarnya lagi.

Seperti diketahui, program DP 0 persen itu diwacanakan Bupati Sanggau, Paolus Hadi. Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu mencontoh Kabupaten Ketapang. Untuk mewujudkan itu, Bupati menekankan agar pihak pengembang tidak dibebani yang macam-macam. (Indra)