Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Barito Utara Serahkan Penghargaan

oleh
Wakil Bupati Ompie Herby didampingi kepala dinas kesehatan H. Robansyah saat menyerahkan penghargaan di halaman kantor, Senin (13/11/17). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Peringatan hari kesehatan nasional ke-53 digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Barito di halaman kantor Dinas Kesehatan di Barito Utara, Kalimantan Tengah, Senin (13/11/17). Adapun tema yamg diambil dalam peringatan hari kesehatan di Barito Utara adalag “SEHAT KELUARGAKU, SEHAT INDONESIAKU“.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati, Ompie Herby mengatakan kepada awak media, Senin (13/11/17), bahwa sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Kementerian kesehatan telah mengeluarkan peraturan menteri kesehatan no 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Pendekatan pelayanan yang mengintegrasikan UKP dan UKM secara berkesinambungan, dengan target keluarga, didasari data dan informasi dari profil kesehatan keluarga akan memberikan intervensi awal bila ada masalah kesehatan terhadap 12 indikator seperti yang terdapat pada Paket Informasi Kesehatan Keluarga (PINKESGA),” ujarnya.

Sesuai peraturan menteri kesehatan no 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan, selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Disamping itu Bank Kalteng Cabang Muara Teweh memberikan bantuan CSR sebanyak 60 unit bak sampah 120L yang berlogokan GERMAS senilai Rp 41.746.000,” ujarnya.

Secara terpisah Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya tingkat kematian ibu, tingginya angka kekurangan gizi, penyakit menular dan tidak menular.

Menteri kesehatan Republik Indonesia mengingatkan kepada kepala dinas dan kepala puskesmas diseluruh Indonesia untuk mengerahkan potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan tersebut.

Puskesmas dan tenaga kesehatan didalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif juga terus- menerus melakukan sosialisasi hidup bersih dan sehat.

Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-53 tahun 2017 ini dihadiri oleh ketua DPRD, Sekretaris Daerah , para kepala FKPD Kabupaten Barito Utara, Kepala SOPD, Ibu Ketua GOW, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini juga ditandai penyerahan penghargaan, kepada para tenaga kesehatan, kepala desa dan masyarakat yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Barito Utara. (Bani)