Panwaslih Kapuas Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

oleh
Panwaslih Kapuas saat mensosialisasikan pengawasan Pemilu partisipatif. Foto : Irvan

KUALA KAPUAS – Panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Kapuas menggelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif, Senin (13/11/17), untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 mendatang, Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di aula Hotel Permata Iin, Jalan Tjilik Riwut, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah saat itu dibuka langsung oleh Ketua Panwaslih Kapuas, Iswahyudi Wibowo, dan dihadiri para pemilih pemula seperti pelajar SLTA, mahasiswa dan dari unsur lainnya.

Ketua Panwaslih Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Wibowo mengatakan, sosialisasi yang mereka laksanakan dikhususkan untuk para pemilih pemula.

“Tujuannya kita ingin melibatkan masyarakat bahwa tanggungjawab pengawasan itu tidak hanya Bawaslu tetapi juga peran serta masyarakat,” katanya.

“Minimal kita mengawasi dari mulai diri kita sendiri, contohnya apabila kita nanti tidak terdaftar dalam data pemilih maka bisa proaktif mendatangi PPS maupun KPU untuk melaporkan,” tambahnya.

Kemudian, sambung Ketua Panwaslih, tujuan sosialisasi saat itu juga untuk memberikan pendidikan politik dan pengawasan.

“Misalnya kalau ada pelanggaran kami menjelaskan bagaimana prosedur penanganan pelaporannya,” ungkapnya.

“Masyarakat sampai saat ini tidak tahu bahwa banyak pelanggaran-pelanggaran yang dilaporkan kualitasnya tidak memenuhi syarat formil dan materil. Jadi, yang paling penting, pelanggaran itu dilaporkan maksimal tujuh hari sejak peristiwa diketahui,” terang Iswahyudi. (Irvan)