Di Kapuas, Penyandang Disabilitas Masih Terkendala Permodalan

oleh
Kasi Rahabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Kapuas, Hamsani. Foto : Irvan

KUALA KAPUAS – Dalam waktu dekat sebanyak 10 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah yang dikirim untuk mengikuti pelatihan keterampilan di luar daerah pada tahun 2015 lalu akan kembali pulang ke Kapuas.

Namun apakah setelah pulang nanti para penyandang disabilitas tersebut dapat langsung menerapkan pengetahuannya untuk bisa mendirikan usaha mandiri.

Menurut Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Hamsani, selama ini yang menjadi kendala adalah masalah permodalan.

“Setelah mereka (penyandang disabilitas yang telah mengikuti pelatihan) pulang, tidak ada kelanjutannya lagi. Mengapa, karena mereka tidak ada modal. Seharusnya memang setelah pulang mereka dimodali lagi oleh pemerintah, tapi karena anggaran kita disini (Dinsos) minim, sehingga kita pun tidak bisa memodali mereka. Jadi, itu kendalanya,” katanya, Senin (13/11/17).

Hamsani menerangkan pihaknya sudah tiga kali mengirimkan penyandang disabilitas untuk mengikuti pelatihan keterampilan di luar daerah. Nah, mereka yang dikirim mengikuti pelatihan pada tahun 2015, dalam waktu dekat ini akan kembali pulang ke Kapuas.

“Insya Allah sepuluh orang yang kita kirim mengikuti pelatihan di luar daerah tahun 2015 lalu akan pulang dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada tahun ini setidaknya sudah ada 10 orang penyandang disabilitas yang telah menyampaikan permohonan untuk dapat mengikuti pelatihan keterampilan di luar daerah.

“Sudah ada sepuluh orang yang memohon, cuma nanti tergantung dukungan anggaran, kalau anggarannya ada maka kita bisa mengirimkan lagi untuk mengikuti pelatihan di luar daerah,” pungkas Hamsani. (Irvan)