Kapolres Sanggau Temui Komisioner KPU dan Panwaslu, Apa yang Dibahas..

oleh
Pertemuan antara Kapolres dan KPU

SANGGAU – Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito didampingi Waka Polres Kompol Pulung Witono dan Kasat Intelkam Polres Sanggau IPTU. Suprapto melakukan penggalangan di KPU dan Panwaslu Sanggau, belum lama ini.

Orang nomor satu di jajaran Polres Sanggau itu sempat menggelar pertemuan terbuka dengan seluruh Komisioner KPU yang dipimpin Ketua KPU Sekundus Ritih di kantor KPU jalan jendral Sudirman Kelurahan Bunut.

Dalam pertemuan itu, Kapolres mengajak seluruh Komisioner KPU dan staf untuk tetap menjaga netralitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyenggara dan pengawas Pemilu sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas berdasarkan pilihan masyarakat. Dihadapan Komisioner KPU, Kapolres memberi jaminan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

“Saya berharap kita semua bisa bekerjasama dalam menjalankan dan mengamankan tahapan Pilkada serentak agar situasi tetap kondusif,” ujarnya, Minggu (12/11/17).

Masih dihari yang sama, usai menggelar pertemuan dengan KPU, Kapolres menuju kantor Panwaslu Sanggau. Hal yang sama disampaikan Kapolres kepada Komisioner Panwaslu. Selain meminta netralitas Panwaslu guna meminimalisir potensi gangguan dan membangun koordinasi lintas sektoral dalam wadah penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), Kapolres berharap Gakumdu bisa menjalankan fungsi kontrol pelaksanaan pilkada serta bersama-sama menangkal isu-isu negatif, berita hoax dan black campaigh yang berkembang dimasyarakat dalam pelaksanaan Pilkada serentak nantinya.

“Kita ingin pelaksanaan Pilkada nanti benar-benar aman dan kondusif,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sanggau Sekundus Ritih menyambut baik kunjungan Kapolres beserta jajarannya di KPU. Dia berharap Kepolisian bisa mendukung penuh kerja KPU.

“Kami siap bekerjasama dengan pihak Kepolisian,” ujarnya.

Ketua Panwaslu Sanggau, Inosensius menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres dan jajaran yang berkesempatan berkunjung ke sekretariat Panwaslu dan menyampaikan langsung tentang kesiapan pengamanan, baik itu personil penyelenggara maupun pelaksanaan pemilihan.

“Dalam hal pengawasan, kami tentu memilki keterbatasan. Kepolisian adalah salah satu mitra strategis kami dalam hal pencegahan pelanggaran,” ujarnya.

Ino, sapaan akrabnya menyampaikan, dalam waktu dekat akan membentuk Pokja Sentra Gakkumdu bersama Kejaksaan yang bersekretariat di Kantor Panwaslu.

“Dalam waktu dekat inilah kita bentuk,” pungkasnya. (indra)