Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga di Kubu Raya

oleh
Masjid warga yang terendam. Foto: FB Ady Ceky

KUBU RAYA – Banjir merendam ribuan rumah warga di Dusun Sungai Seribu, Desa Parit Sembin, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (12/11/17) pagi. Akibat banjir, rumah warga dan tempat ibadah (masjid) terendam air selutut orang dewasa.

Sutarman, salahsatu tokoh masyarakat sekitar kepada B-ONETV mengungkapkan, banjir tersebut disebabkan meluapnya air sungai Seribu. Sungai itu, kata dia tidak mampu menampung volume air hujan yang terjadi sejak Sabtu kemarin ditambah lagi saat ini sudah memasuki musim pasang sungai. Bahkan di Parit Derabak jauh lebih dalam ketinggian airnya.

Lokasi rumah warga juga berdekatan dengan perumahan Duta Bandara yang, kata dia memiliki saluran air yang jelek, serta ada Perusahaan yang diduga menimbun sungai Seribu sehingga mengganggu aliran air sungai.

“Hujan deras terjadi sejak kemarin, ini banjir terparah, rumah warga terendam, aktivitas jadi terganggu,” beber Sutarman melalui pesan singkatnya.

Sutarman menilai air yang merendam rumah warga akan sulit surut, dikarenakan sistem drainase yang tidak diperbaiki Pemkab setempat dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kubu Raya. Ia meminta dinas terkait segera bertindak dengan peristiwa banjir ini. Warga sekitar mengaku khawatir apabila banjir semakin meninggi, mengingat musim hujan yang terus terjadi.

“Saat ini kami, melakukan rapat darurat di tingkat desa untuk menyikapi hal ini. Nanti hasilnya akan kami laporkan ke Pemda, dan dewan, agar ada tindakanlah. Jangan biarkan musibah banjir ini terus terjadi, kasihan warga yang rumahnya terendam, harta bendanya juga habis,” pungkas Sutarman. (Dede)