Anggaran Bidang Bina Marga Dinas PU Kapuas Baru Terserap 67,97%

oleh
Proyek multiyears kontrak peningkatan ruas jalan Anjir Km 1 - Sare Pulau - Pulau Kupang, Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS – Realisasi fisik kegiatan proyek Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah hingga Oktober 2017 tercatat sebesar 80,18%. Sedangkan untuk keuangan baru terserap sebesar Rp 221 miliar lebih atau 67,97% dari total anggaran sebesar Rp 325 miliar lebih.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Teras ST, mengungkapkan, anggaran belanja modal untuk Bidang Bina Marga tahun 2017 sebesar Rp 325 miliar lebih meliputi DAU Rp 276 miliar lebih dan DAK Rp 49 miliar lebih.

“Untuk realisasi keuangan Dana Alokasi Umum (DAU) telah terserap sebesar 71,65%. Sedangkan keuangan dana Alokasi Khusus (DAK) telah terserap sebesar 47,42%,” ungkapnya di Kuala Kapuas, Minggu (12/11/17).

Anggaran DAU digunakan untuk membiayai kegiatan program multiyears kontrak peningkatan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Kapuas.

“Untuk kegiatan program multiyears sendiri, saat ini hanya tinggal 3 ruas jalan saja yang masih dalam proses penyelesaian,” ujarnya.

Ketiga jalan itu yakni ruas Anjir Km 1 – Sare Pulau – Pulau Kupang dengan pagu anggaran sebesar Rp 24 miliar dikerjakan oleh kontraktor PT Nindia Karya (NK) (Persero) Wilayah III Kalimantan, dimana hingga kini progres pekerjaannya telah terealisasi sekitar 92%.

Kemudian ruas Jalan Anjir Serapat – Palampai Paket 1 dengan pagu anggaran sebesar Rp 15,3 miliar lebih dikerjakan oleh kontraktor PT Hutama Karya (Persero) Wilayah III Kalimantan, yang mana hingga saat ini progress pekerjaannya telah terealisasi sekitar 82%.

Lalu ruas Jalan Saka Batur – Palingkau Seberang – Batas Kalsel dengan pagu anggaran sebesar Rp 26 miliar, yang mana proyek ini juga dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) Wilayah III Kalimantan, dimana realisasi pekerjaannya telah mencapai sekitar 87%. “Kita optimis ketiga ruas jalan ini dapat diselesaikan dengan baik,” ucap Teras. (irs)