SMA di Kuala Kapuas Ini Raih Adiwiyata Nasional

oleh

KUALA KAPUAS – Di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terdapat sebanyak 30 sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK yang menjadi binaan Adiwiyata.

Program Adiwiyata sendiri bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dari 30 sekolah tersebut, cuma SMA Negeri 2 Selat Kuala Kapuas yang telah mampu meraih sekolah adiwiyata tingkat nasional. Atas prestasinya sekolah ini pun akan diusulkan kepada Kementerian LHK untuk mendapatkan Adiwiyata Mandiri pada tahun 2018 mendatang.

Sedangkan SMA Negeri 1 Selat Kuala Kapuas juga akan diusulkan ke tingkat nasional.

“Kita merasa bangga dan mengucapkan selamat atas prestasinya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas M Saleh Makki melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan limbah B3, Mustafa Mukhlish, saat pembukaan kegiatan Bimtek Program Adiwiyata di aula Kantor Bappeda Kapuas, Jumat (10/11/17).

Dinas DLH Kapuas pun mengharapkan kedua sekolah ini agar segera menyiapkan segala hal yang diperlukan baik dokumen-dokumen sekolah, sarana dan prasarana pengelolaan sampah maupun dokumentasi terkait dengan aksi nyata perlindungan dan pengelolaan lingkungan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

“Saya harapkan semoga kedepannya banyak sekolah-sekolah Adiwiyata yang lain, yang dapat mengikuti jejak prestasi seperti yang diraih SMA Negeri 2 Selat dan SMA Negeri 1 Selat,” harap Mustafa. (irs)