Jumlah Desa Tertinggal di Kapuas Diklaim Jauh Berkurang

oleh
Ilustrasi Desa Tertinggal

KUALA KAPUAS – Jumlah desa tertinggal di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus berkurang, dari sebelumnya 59 desa kini menjadi 31 desa. Keberadaan desa tertinggal mendominasi di daerah non pasang surut.

“Berdasarkan data tahun 2016 yang di SK-kan Gubernur Kalteng, bahwa desa yang ada di Kabupaten Kapuas berjumlah 214 desa, 31 diantaranya merupakan desa tertinggal,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan Dinas DPMDes Kapuas, Seflihi, di Kuala Kapuas, Sabtu (11/11/17).

Desa- desa tertinggal tersebut terdapat di Kecamatan Kapuas Hulu sebanyak 7 desa, Kecamatan Mandau Talawang 6 desa, Kecamatan Kapuas Tengah 5 desa, Kecamatan Pasak Talawang 2 desa, Kecamatan Mantangai 6 desa, Kecamatan Dadahup 1 desa, Kecamatan Tamban Catur 1 desa, dan Kecamatan Bataguh 3 desa.

“Dari data itu, yang paling dominan desa tertinggal ada di daerah non pasang surut atau wilayah Kabupaten Kapuas bagian hulu,” terang Seflihi.

Ditanya program untuk menaikkan status desa tertinggal menjadi desa maju ? Menurut Seflihi, program yang paling efektif adalah melalui penggunaan dari Dana Desa (DD).

“Sebab DD itu digelontorkan cukup besar. Dan apabila betul-betul dimaksimalkan oleh Kades beserta jajarannya, maka dana tersebut bisa akan bisa membangun desanya lebih baik lagi,” pungkasnya. (irs)