Ini Sebabnya Pemkab Kapuas Tak Bisa Manfaatkan Bekas Kantor PN Ekonomi

oleh
Bangunan eks kantor pengadilan ekonomi

KUALA KAPUAS – Pupus sudah harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk memanfaatkan lahan eks Kantor Pengadilan Negeri Ekonomi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kuala Kapuas untuk dijadikan taman ruang terbuka hijau. Pasalnya, lahan tersebut adalah milik Kementerian Hukum dan Ham.

Selain itu bangunan bekas Kantor Pengadilan Negeri Ekonomi tersebut juga merupakan milik Pengadilan Negeri (PN) Kapuas yang mana saat ini statusnya belum ada penghapusan. Sehingga untuk merobohkan bangunan tersebut masih belum bisa dilakukan.

Hal ini sesuai dengan surat yang disampaikan PN Kapuas kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas tertanggal 6 Nopember 2017. Dalam surat itu juga disebutkan, apabila Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas ingin memanfaatkan lahan tersebut maka bisa menghubungi Kementerian Hukum dan Ham (Rumah Tahanan Negara Kuala Kapuas).

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas, Ahmad Isnaeni, mengatakan, pemerintah daerah ingin memanfatkan lahan eks Kantor Kantor Pengadilan Negeri Ekonomi itu untuk dijadikan taman ruang terbuka hijau.

“Selama ini kita lihat kondisi bangunan kantor itu sudah tidak terawat dan ditumbuhi rumput semak belukar. Nah, dari pada dibiarkan kondisinya seperti itu lebih baik kita manfaatkan lahannya untuk dijadikan taman ruang terbuka hijau,” katanya di Kuala Kapuas, Sabtu (11/11/17).

Hanya saja, lanjut Isnaeni, berdasarkan penjelasan pihak Pengadilan Negeri Kapuas bahwa bangunan eks Kantor Pengadilan Negeri Ekonomi tersebut belum bisa dirobohkan lantaran status asetnya belum ada penghapusan.

“Jadi, hanya kita bersihkan saja agar terlihat bagus. Kemudian halamannya kita tanami beberapa pohon peneduh,” pungkasnya. (irs)