Ini Alasannya.! Jembatan Karang Jawa di Barito Utara Rusak Parah

oleh
Tampak kondisi jembatan pada sisi kiri kanan dilapis dengan batang pohon kelapa akibat kerusakan,Sabtu (11/11/17). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Jembatan penghubung di wilayah Karang Jawa, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah kondisinya rusak parah. Bahkan saat ini jembatan itu, disisi kanan dan kirinya telah diberi pengaman batang pohon kelapa.

Padahal, beberapa minggu lalu jembatan tersebut masih terlihat baik. Dimana sisi kanan kiri masih ada pengaman yaitu kayu ulin (besi).

Anggota DPRD Barito Utara, Taufik Nugraha, Sabtu (11/11/17) mengatakan, sangat disayangkan jembatan yang terbuat dari kayu ulin, kini kondisinya mulai rusak. Hal ini, disebabkan adanya beban berat yang melewati jembatan selama bulan ini.

“Berdasarkan hasil reses kemarin, kita melihat kondisi jembatan rusak. Dan ini menjadi perhatian kita, ” kata anggota fraksi PDIP ini.

Menurutnya, kerusakan jembatan di wilayah padat penduduk ini, diakibatkan adanya angkutan berat. Tampak terlihat kondisinya sangat memprihatinkan, sehingga memerlukan perhatian semua pihak.

Oleh karena itu, dengan kondisi sekarang bila tidak cepat dilakukan perbaikan, maka akan menambah parah kerusakaan, sebab setiap hati jembatan itu dilewati oleh warga di wilayah karang jawa.

Menurutnya, kondisi jembatan selain kerusakan di lantai, juga kerusakan pada pagar pengaman kanan kiri, kalau dibiarkan nantinya akan membawa korban, terutama pengendara roda dua dan pejalan kaki.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi jembatan seperti ini, karena selain lantai banyak jebol juga pada pengamannya,” kata dia.

Taufik Nugraha menduga, rusaknya jembatan karena adanya kegiatan proyek di wilayah itu, dimana kendaraan yang mangangkut material melewati dengan beban berat. Sementara jembatan kini usianya sudah hampir usang dimakan waktu.

“Kita mempertanyakan masalah ini, dan tanggungjawab siapa.? bila ada kerusakan,” pungkasnya. (Bani)