Hari Pahlawan, Bupati Sanggau Ajak Masyarakat Jaga Persatuan

oleh
Bupati Paolus Hadi saat tabur bunga

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi memimpin upacara peringatan HUT Pahlawan 10 November 2017 yang berlangsung di halaman Pemda, Jumat (10/11/17) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut, Sekda Sanggau Al Leysandri, Kapolres AKBP. Oki Waskito, Dandim 1204/Sgu Letkol. Inf. Herry Purwanto, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Danang Suryo Wibowo, Kepala BNNK, AKBP. Ngatya, Kepala Kemenag M. Taufik, Subden POM, Pimpinan OPD, PNS, TNI/Polri, Sat Pol PP, Dishub, pelajar, dan legiuan veteran.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Paolus Hadi menyampaikan Hari Pahlawan adalah saat yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan, serta para pendiri Republik Indonesia. Dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan telah membuat warga negara bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain.

“Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tutur Paolus Hadi membacakan.

Pada kesempatan yang baik ini, Menteri, lanjut Paolus Hadi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017.

Bupati Sanggau ditemui wartawan usai menggelar upacara meminta masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena perjuangan para pahlawan untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan membutuhkan pengorbanan yang besar.

“Kemerdekaan yang kita raih bukan datang sendiri, sehingga kita sebagai rakyat yang mengisi kemerdekaan itu termasuk bagi saya, saya memaknainya seperti yang disampaikan bung Karno bahwa bangsa yang besar itu bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan,” katanya.

Oleh karenanya, orang nomor satu di Sanggau itu mengajak seluruh anak bangsa termasuk yang ada di Sanggau untuk meneruskan perjuangan dengan mengisinya dengan hal yang positif.

“Misalnya tugas kita untuk memerangi kemiskinan dan menjaga kedaulatan negara. Untuk Sanggau, saya berpesan bekerjalah dengan hati yang paling dalam, bangga menjadi, bangga menjadi orang Sanggau dan ayo kita ukir sejarah (sabang merah) untuk indonesia khususnya Kabupaten Sanggau yang lebih baik,” ajaknya.

Usai menggelar upacara, Bupati berserta sejumlah pejabat menyaksikan pameran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) terkait perjuangan para pahlawan nasional dan perjuangan masyarakat Sanggau untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan.

Selanjutnya, Bupati beserta rombongan menuju taman makam pahlawan di Semboja Kelurahan Bunut guna menggelar tabu bunga dan penghormatan kepada para pahlawan. (indra)