SAR Pontianak Dukung Kinerja Wartawan Dalam Peliputan Pencarian Dan Pertolongan

oleh
Ketua Kantor SAR pontianak hery marantika bersama marsudi humas dan protoker basarnas dan Ketua AJI pontianak dian lestari saat coffee morning bersama insan pers. Foto : Budi

PONTIANAK – Dalam menjalankan tugas pokoknya, Search And Rescue (SAR) Pontianak tentunya tidak lepas dari insan pers, yang memberitakan keterangan suatu kejadian berkaitan dengan pencarian dan pertolongan. Sehingga dibutuhkan satu sinergitas, antara keduanya untuk memberikan suatu produk berita yang layak dan enak dikonsumsi masyarakat.

“Coffee morning ini salah satunya adalah untuk menciptakan hal itu, sehingga kita bisa menyatukan persepsi, komunikasi sesuai tugas masing-masing,” Ujar Hery Marantika, Kepala Kantor SAR Pontianak, Kamis (09/11/17) kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, antara SAR Pontianak dan insan pers sama-sama bertugas dalam memberikan rasa nyaman terhadap keberadaan Basarnas itu sendiri.

“Misalnya saja saat liputan penyelamatan, kami bertugas mencari dan wartawan mengshare hal-hal yang mungkin tidak semua bisa dimasukkan, artinya ada rambu-rambu yang harus dipatuhi, misalnya foto korban tidak vulgar sehingga keluarga korban tidak merasa bersedih begitu,” katanya.

Lanjutnya, sinergitas SAR dengan insan pers harus baik. Sebab, hal itu berpengaruh terhadap produk berita yang dikeluarkan, khususnya yang berkaitan dengan tugas SAR.