Tinjau Sejumlah BTS, Legislator Kapuas Minta Dishubkominfo Waspadai Petir

oleh
Anggota Komisi III DPRD Kapuas bersama Diskominfo Kapuas saat meninjau salah satu menara telekomunikasi.

KUALA KAPUAS – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) turun ke lapangan guna melihat langsung keberadaan sejumlah menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) yang ada di daerah setempat.

Pemantauan menara telekomunikasi berlangsung selama dua hari dari tanggal 7-8 Nopember 2017 dengan menggunakan transportasi darat maupun sungai. Kegiatan ini dipimpin langsung Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto. Sedangkan dari Dinas Kominfo Kapuas diwakili Kasi Infrastruktur dan Teknologi, Yayu, beserta sejumlah staf.

Adapun menara BTS yang dipantau yakni yang berada di wilayah Kecamatan Mantangai, Dadahup, Kapuas Timur, Kecamatan Kapuas Kuala dan Bataguh.

“Masyarakat di sekitar tower atau menara menyampaikan keluhan kepada kami bahwa mereka ada rasa khawatir jika ada petir. Jadi, Saya harapkan pihak terkait segera menindaklanjutinya,” pinta Ketua Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto, Rabu (8/11/17).

Selain itu, legislator asal Partai NasDem ini juga mengingatkan pihak Diskominfo Kapuas agar mendata pengelola tower telekomunikasi yang sudah membayar maupun yang penunggak retribusi tower telekomunikasi.

“Jika ditemukan ada pengelola yang tidak membayar retribusi, kami minta agar SOPD terkait segera bertindak dan tidak mengeluarkan perpanjangannya izinnya,” tegas Kunanto

Senada diutarakan anggota Komisi III, H Madiansyah. Ia menginginka kedepan agar pengelolaan tower dapat ditata rapi sehingga tidak meresahkan masyarakat sekitar, termasuk meningkatkan sinergisitas semua pihak baik legislatif, eksekutif maupun pengelola tower.

Sementara itu Kasi Infrastruktur dan Teknologi Diskominfo Kapuas, Yayu, mengungkapkan, bahwa setiap tower sudah memiliki penangkal petir sendiri, namun pihaknya tetap akan mengecek ulang seluruh tower dalam wilayah Kabupaten Kapuas.

Sedangkan Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas, Ir H Nor Alamsyah, menjelaskan, pihaknya kini bersama Bagian Hukum Setda Kapuas dan legislatif tengah mengkaji Perda retribusi menara telekomunikasi.

“Rencananya kami akan mengajukan revisi retribusi tower telekomunikasi agar sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami juga sangat berterima kasih kepada Komisi III DPRD yang mau memantau langsung keberadaan tower dalam wilayah Kapuas. Atas hasil pantauan ini kami jadikan bahan dalam penarikan retribusi maupun legalitas tower,” terang Alamsyah. (irs)