Terdakwa Predator Anak di Sekadau Divonis 18 Tahun Bui

oleh
Terdakwa

 

SEKADAU – Terdakwa kasus pencabulan anak di bawah umur di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Vinsensisu Kresensius Yohanes Duan (33) dijatuhi hukuman 18 tahun penjara oleh majelis hakim pengadilan negeri Sekadau.
idak bisa memiliki keturunan. Dengan modus tersebut, Vinsensius mencabuli para korbannya yang juga anak dibawah umur.

Kepada B-ONETV, Jaksa fungsional Kejaksaan Negeri Sekadau, Eddy Purwanto menuturkan, terdakwa mengakui perbuatan dan tak memberikan keterangan yang berkelit. Hanya saja, yang memberatkan hukuman terdakwa yaitu banyaknya dampak yang ditimbulkan.

“Menimbulkan penderitaan yang mendalam bagi korban, trauma. Akibat perbuatannya menimbulkan keresahan dimasyarakat, kemudian tidak ada perdamaian dari terdakwa dan korban. Pihak korban tidak ada yang memaafkan,” ujar Eddy ditemui, Selasa (07/11/17) Sore.

“Perbuatannya luar biasa. Sebenarnya banyak yang menjadi korban Vinsen dari pengakuannya ada belasan anak-anak menjadi korbannya,” sambungnya.

Eddy mengungkapkan, berdasarkan fakta yang melaporkan ada empat korban. Adapun rata-rata korbannya berusia 13–14 tahun.

“Kalau penuntutan pidananya selama 13 tahun pidana dan denda Rp 300 juta. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 10 bulan,” ungkap Eddy yang juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus tersebut.

Penuntutan tersebut disidangkan pada 14 September lalu. Kemudian, 21 September sidang pembelaan atau pledoi dan sidang putusan dilakukan pada 28 September lalu.

“Putusannya itu 18 tahun. Naik dari tuntutan, pada dasarnya saya sebagai JPU waktu itu terima dengan putusan hakim 18 tahun. Cuma terdakwa banding, sekarang masih tingkat banding” bebernya.(Yahya)