September, Kondisi Perbankan di Kalteng Meningkat

oleh
Rilis bulanan BI Kalteng

PALANGKA RAYA – Kondisi perekonomian yang membaik pada September 2017,  membuat hampir seluruh indikator perbankan mengalami peningkatan.  Hal ini tercermin dari peningkatan harga sejumlah komoditas utama ekspor Kalimantan Tengah pada bulan tersebut.

“Kondisi tersebut pada akhirnya menjadi faktor pendorong utama pertumbuhan indikator perbankan di periode september 2017,” kata Deputi Bidang Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng, Setian, di Palangka Raya, Rabu (08/11/17).

Disisi lain, komponen kredit lokasi bank tercatat naik didorong oleh sektor industri pengolahan yang menjadi adanya peningkatan kegiatan investasi perusahaan di sektor industri pengolahan yang menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan kredit Kalteng periode September 2017.

Hampir seluruh indikator perbankan Kalteng, pada September 2017 mengalami peningkatan. Aset perbankan mengalami peningkatan sebesar 3,12 persen (mtm) setelah pada bulan sebelumnya mengalami penurunan sebesar 1,33% (mtm). Dengan total aset perbankan  sebesar Rp 33,5 triliun.

Selanjutnya komponen DPK juga tercatat mengalami peningkatan sebesar 1,39% (mtm) lebih tinggi dibandingkan dengan posisi bulan sebelumnya yang turun 4,60 persen (mtm).

Disisi lain, komponen kredit mengalami peningkatan. Komponen kredit berdasarkan lokasi proyek dan lokasi bank masing-masing tumbuh 1,11 persen (mtm) dan turun -1,00 persen (mtm).

“Peningkatan kegiatan investasi, khususnya di sektor industri pengolahan menjadi faktor pendorong pertumbuhan kredit Kalteng,” ujarnya. (tva)