Resmikan SPAM Gunung Purei, Bupati Barut Berpesan Ini pada Warga

oleh
Bupati H. Nadalsyah didampingi direktur PDAM Agus Surjanto saat peresmian SPAM di Desa Lampeong II Kecamtan Gunung Purei, Rabu (07/11/17)

MUARA TEWEH –┬áPembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perusahaan Daerah Air Minum ibu kota Kecamatan di Desa Lampeong II, Kecamatan Gunung Purei dengan kapasitas sepuluh liter perdetik telah diresmikan, Rabu (08/11/17)

Peresmian dilakukan oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah. Dalam kegiatan tersebut hadir juga sekda Jainal Abidin, ketua DPRD Set Enus dan beberapa kepala SOPD.

Bupati mengatakan, pembangunan sarana penyediaan air bersih merupakan upaya strategis dalam pembangunan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia. Hal ini untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan.

Oleh karena itu, maka dibangunlah peningkatan sarana sistem penyediaan air minum yang pengelolaannya ditangani oleh PDAM Barut.

PDAM sebagai perusahaan milik daerah secara terus menerus dituntut untuk meningkatkan pelayanan juga dituntut tingkatkan kinerja menuju mandiri dengan standar cakupan pelayanan nasional. Dimana pada tahun 2018 gambarannya adalah 80 persen untuk wilayah perkotaan dan 65 persen Perdesaan.

“Dengan dibangunnya sarana penyediaan air minum di kecamatan, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat dapat memelihata dan menjaga, agar memberikan manfaatkan sesuai tujuannya, ” kata Nadalsyah.

Direktur PDAM Agus Surjanto mengatakan, dulu tidak ada PDAM akhirnya dengan usulan bupati, maka telah dibangun dengan 367 sambungan.

Dimana saat ini telah disubsidi 500 sambungan oleh pemerintah daerah. Dan ini sudah disosialisasikan, dimana dalam subsidi juga dari pipa induk ke rumah delapan meter. Sedangkan sisanya ditanggung oleh warga.

Adapun anggaran yang dihabiskan kurang lebih Rp 8,277,815 melalui APBN. Saat ini dimana sudah melakukan operasi di wilayah desa Lampeong dan sekitarnya. (Bani)