Peran Ketahanan Keluarga, Jaga Kultur Siber Sehat Generasi Milenial

oleh
Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudraja saat di wawancarai wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto : Humas DPR RI

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mensosialisasikan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Adang Sudrajat memberi perhatian khusus pada masalah ketahanan keluarga untuk mengendalikan perilaku generasi muda dalam beraktivitas di sosial media.

“Kita merasakan kultur siber di tengah masyarakat yang terjadi saat ini cukup menyesakkan, karena tampak masih rendah dalam hal menjaga keamanan, kenyamanan dan keadilan diantara sesama penggunanya. Di jendela maya tersebut bebas diumbar semua hal hingga yang melanggar norma-norma agama sekalipun dan seringkali tidak mengenal waktu sehingga memancing penggunanya bahkan mengganggu kehidupan lingkungannya mulai dari keluarga hingga pergaulan yang nyata di sekitarnya”, papar Adang dalam berita rilisnya yang dilansir dari parlementaria, Rabu (08/11/17).

Adang menjelaskan bahwa sejalan dengan karakteristik generasi milenial yang menjadikan teknologi sebagai gaya hidup, ekspresif dan eksploratif, komunikasi lebih banyak dengan gadget dan cenderung lebih suka pada yang visual, instan, waktu yang riil, tidak begitu peduli pada privasi dan bersedia berbagi rincian intim tentang diri mereka dengan orang asing dan adanya kultur membuat status aktifitas sehari-hari.

“Agar generasi milenial ini dalam pergaulannya di dunia maya tetap dapat terjaga agar tidak menimbulkan kerawanan bagi dirinya maupun lebih jauh hubungannya dengan orang lain dalam kehidupan dunia nyata maka perlu adanya penjagaan dan penjagaan yang paling mendasar adalah dari ketahanan yang bermula dari keluarganya sehingga dapat menjaga kultur siber yang sehat,” ucapnya.