Pemerintah Tengah Rancang Sistem Gaji ASN

oleh
Sekda Membuka Kegiatan Pembahasan Teknis Hasil Evakuasi Jataban Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sanggau.

SANGGAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau A.L. Leysandri, mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang merancang dan merumuskan aturan tentang sistem gaji yang akan diterima oleh ASN dalam suatu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang gaji, tunjangan kinerja, tunjangan kemahalan dan fasilitas lain ASN.

Disamping itu, kata Sekda, guna penyederhanaan penggajian sebenarnya bermuara pada pola penggajian tunggal (single salary system), dengan konsep single salary ini pegawai hanya menerima satu jenis penghasilan yang merupakan gabungan berbagai komponen penghasilan. Adapun single salary system ini adalah terdiri atas unsur jabatan, kinerja serta grade dan step. Sedangkan grading adalah posisi jabatan, beban kerja, tanggung jawab dan resiko pekerjaan.

“Namun, setiap grading dibagi lagi menjadi beberapa step dengan nilai rupiah yang berbeda, sehingga besaran gaji yang diterima PNS akan bervariasi berdasarkan tinggi rendahnya grading jabatan tersebut,” ungkap Sekda di Sanggau, Rabu (08/11/17).

Terkait hal tersebut Sekda juga mengatakan, untuk dapat menerapkan sistem penggajian yang berbasis harga jabatan maka instrument yang harus disiapkan oleh setiap instansi pemerintah adalah tersusunnya evaluasi jabatan.

Kenapa demikian? Sebab, evaluasi jabatan adalah bagian dari proses manajemen sumber daya menusia yang digunakan untuk membobot suatu jabatan untuk menghasilkan nilai jabatan (job value) dan kelas jabatan (job class) dengan menggunakan metode sistem evaluasi faktor atau factor evaluation system (fes).

Sedangkan hasil dari evaluasi jabatan yang telah dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah, nantinya akan disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara untuk dilakukan pembahasan serta validasi lebih lanjut sebelum ditetapkan dalam bentuk berita acara hasil validasi nilai dan kelas jabatan. (indra)