Komisi IV DPR Temukan Perbedaan Skema Premi dan Klaim Asuransi Nelayan di Kalbar

oleh
Ilustrasi Nelayan. Foto : news.akurat.co

JAKARTA – Komisi IV DPR RI temukan permasalahan asuransi nelayan di Kalimantan Barat. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Pelabuhan Sungai Kakap, Kuburaya, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

“Nelayan banyak yang mengeluhkan tentang adanya rencana skema asuransi yang berbeda di tahun mendatang, dimana jumlah pembayaran premi dan klaim asuransi berdasarkan usia dari nelayan. Sehingga antara satu nelayan dengan nelayan lainnya belum tentu mendapatkan klaim dan premi yang sama. Hal ini tentu tidak sesuai dengan skema asuransi yang ditawarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebelumnya,” ungkap anggota Komisi IV DPR RI, Kasriyah dilansir dari parlementaria, Rabu (08/11/17).

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi IV DPR lainnya. Ichsan Firdaus misalnya mengatakan bahwa apa yang dikeluhkan nelayan di Kalimantan Barat itu berupa ketidak sinkronan antara kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Implementasi operasional dibawah itu terjadi karena tidak adanya supervisi dan control dari KKP sendiri.