Generasi Sehat Angkat Budaya Gunung Purei

oleh
Bupati Barut H.Nadalsyah dalam pembukaan seni budaya di Desa Lampeong II Kecamatan Gunung Purei

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah membuka kegiatan festival seni budaya se Kecamatan Gunung Purei. Kegiatan program nasional ini bertujuan agar generasi sehat dan cerdas guna mengangkat budaya yang ada dari setiap desa di Kecamatan Gunung Purei.

Menurutnya, program nasional generasi sehat dan cerdas ikut berperan membantu dalam pelayanan pendidikan dasar dan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap tim fasilitator program nasional generasi sehat dan cerdas,” kata Bupati Nadalsyah.

Mastuah Efendi konsultan program generasi sehat mengatakan, program ini masuk ke Kecamatan Gunung Purei sejak tahun 2014 hingga sekarang. Di mana dalam pelaksanan program ini, ikut membantu menghantarkan kepada layanan kesehatan, pendidikan dalam ruang lingkup yang dikenal adalah pelayanan dasar.

Kemudian yang menjadi sasaran adalah ibu hamil, bayi, balita, anak usia PAUD, usia sekolah SD hingga SMP dan dalam ruang lingkupnya juga anak berkebutuhan khusus.

“Dalam program ini diberikan juga bantuan makanan tambahan, pemberian bantuan biaya transport pemeriksaan ibu hamil dan pemberian biaya ibu hamil melahirkan,” kata Mastuah Efendi.

Selain itu, bantuan transport diberikan kepada kader posyandu, perlengkapan sekolah anak Paud, SD, SMP juga perlengkapan.

Dijelaskannya, program generasi sehat dan cerdas di Kecamatan Gunung Purei tahun 2017 ini disisipkan kegiatan loka karya dan festival seni budaya.

“Hal ini sebagai bentuk nilai implementasi rasa syukur atas pelaksanaan alur perencanaan desa secara reguler,” tuturnya. (Bani)