LAKI Kalbar Pertanyakan Kasus Korupsi UPBJJ Sintang

oleh
Pengurus LAKI berdialog bersama Dirintelkam Polda Kalbar terkait berbagai kasus yang terjadi di Kalbar

PONTIANAK – Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kalbar mempertanyakan perkembangan kasus Unit Program Pelajar Jarak Jauh (UPPJJ) Kabupaten Sintang, Kalbar yang melibatkan Wakil Bupati Kabupaten Sintang, Askiman.

Hal ini diungkapkanm Ketua Umum DPP LAKI Kalimantan Barat, Burhanudin Abdullah saat berdialog dengan pejabat Polda Kalbar Mapolda Kabar, Selasa (07/11/17).

Burhanudin bersama 26 pengurus LAKI Kalbar itu menilai pengungkapan kasus tersebut tak berjalan maksimal.

“Kasus Askiman Wakil Bupati Sintang adalah kasus UPBJJ, kalau itu menurut penyidik telah memenuhi unsur tindak pidana korupsi, seharusnya cepat untuk dituntaskan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan, kasus UPBJJ yang menyangkut Wakil Bupati Sintang ini, jika memang tidak terbukti dalam tindak pidana korupsi, maka pihak kepolisian dipersilahkan mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Karena, kata dia, kasus ini sudah berjalan cukup lama. Apalagi baik Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), semuanya sudah menjadi terdakwa.

“Bahkan penyidik dari Kapolisian Polda Kalbar sudah memeriksa saksi ahli terkait Askiman sebagai KPA pada saat ia menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten Sintang,” paparnya.

Selain itu tambah dia, banyak kasus kasus pidana lainnya, seperti keberadaan Warga Negara Asing di perusahaan Perusahaan pertambangan dan Perkebunan yang ilegal keberdaanya di Kalbar.

Hal ini juga ungkap dia, dirinya selaku Ketua Umum DPP Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) juga mendukung terbentuknya Densus Tipikor yang akan dibentuk oleh Mabes Polri.

“Kami siap mendukung Densus Tipikor bentukan Kapolri, karena hal itu dapat membantu Indonesia bebas dari Korupsi,” kata Burhanudin Abdullah.

Sementara itu, Dir Intelkam Polda Kalbar, Kombes Pol Dally Achmad Mutiara menyatakan, laporan yang disampaikan LAKI Kalbar akan ditindaklanjuti.

“Akan kami tindak lanjuti, apa yang disampaikan oleh LAKI,” sebutnya. (Andi)