Bupati Nadalsyah Minta Diskominfo Gali Sumber PAD Baru

oleh
Bupati Nadalsyah saat melihat kondisi jalan Desa Rerawa Kecamatan Gunung Timang

MUARA TEWEH – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan akan kemudahan memperoleh informasi dan komunikasi, maka operator penyedia layanan komunikasi berlomba membangun tower/menara BTS untuk melayani kebutuhan masyarakat pengguna.

Sehingga, sesuai dengan kewenangan Pemerintah Daerah selaku regulator, disamping melakukan pelayanan perijinan juga melaksanakan pengawasan, pengendalian pembangunan tower/menara Komunikasi.

“Salah satu kewajiban operator komunikasi sebagaimana diamanatkan Perda Kabupaten Barito Utara No 1 Tahun 2017 adalah membayar Retribusi Pengendalian Menara Komunikasi,” Bupati Barito Utara H. Nadalsah pada Apel Gabungan Lingkup Pemkab Barito Utara.

Menurutnya, peran pemerintah daerah sangat besar  dalam pengelolaan pendapatan, seiring dengan semakin besarnya tanggung jawab Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu semua perangkat daerah Barito Utara harus bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Saya minta kepada semua perangkat daerah untuk dapat mendukung usaha  meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) terutama yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah,” tegasnya

Bupati Nadalsyah juga menginstruksikan kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara untuk segera melakukan langkah-langkah Implementasi Perda No 1 tahun 2017 tentang Perubahan atas Perda No 8 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Umum, yaitu Retribusi Pengendalian Menara Komunikasi, yang merupakan sumber pendapatan baru yang berpotensi meningkatkan PAD.

Sementara Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Barito Utara Iman Topik, menjelaskan, terkait dengan Instruksi Bupati untuk menggali sumber pendapatan baru di bidang komunikasi akan segera menindaklanjutinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jajaran  Diskominfo siap melaksanakan apa yang telah diinstruksikan bapak Bupati, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan BPPD dan Dinas PMPTSP tentang mekanisme nya seperti apa, dan kami segera melakukan pemutakhiran data menara komunikasi yang ada di Barito Utara diharapkan tahun 2018 sudah ada pemasukan Retribusinya,” pungkasnya. (bani)