Perbasi Kalteng Gelar Kejuaraan Basket Antar Pelajar se-Kalteng

oleh
Pembukaan Liga Basket Pelajar se-Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA – Sebanyak 28 tim basket putra dan putri dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim),  Katingan, Barito Utara, Sukamara dan Kota Palangka Raya, mengikuti Liga Basket Pelajar se- Kalimantan Tengah, di Lapangan Bola Basket Tenis Indoor, dari tanggal 6 hingga 11 November 2017.

Menurut Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kalteng, Ambeng Dedi Oktavianus, kegiatan sebagai upaya menyamakan visi, persepsi, sikap, wawasan maupun ketrampilan bagi pelajar seKalteng, yang berjiwa Pancasila dan UUD 1945.

“Menjaring pemain, atlet muda berbakat dan pembinaan usia. Disamping memacu semangat belajar melalui olahraga,”kata Ambeng, saat pembukaan kegiatan, Senin (06/11/17).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah, Aries M Narang, memberi apresiasi dengan digelar ajang tersebut, sehingga kedepan dapat menjadi indikator bagi pembinaan basket di daerah.

Bahkan dirinya optimistis, dibawah kepimpinan Ambeng, yang merupakan mantan atlet basket,  Perbasi Kalteng mampu berprestasi lebih baik lagi. Padahal pengurus Perbasi Kalteng, belum lama dilantik. Namun sudah mampu melakukan gebrakan dengan menyelenggarakan kejuaraan tingkat Provinsi Kalteng.

“Malahan ia janji pada saya, basket Kalteng dapat masuk PON. Ini suatu hal yang luar biasa dan sejarah jika masuk PON. Saya yakin jika banyak action seperti ini dan pembinaan terus dilakukan, apa yang diinginkan bisa tercapai. Saya juga minta agar ekstra kurikuler basket di sekolah-sekolah diperbanyak lagi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng, Suyanto mengingatkan agar para pelajar dapat menjauhi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza) serta minuman keras maupun judi. Selain itu tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, yang saat ini cukup memprihatinkan.

Ajang ini hendaknya dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan pembinaan bisa dilakukan sampai tingkat bawah, sehingga dapat melahirkan atlet berbakat yang nantinya bisa mewakili Kalteng dalam ajang nasional bahkan internasional. (tva)