Dewan Minta Pemkab Barito Utara Akomodir Usulan Warga

oleh
Wakil Ketua DPRD Barito Utara, H. Aception

MUARA TEWEH – Perencanaan pembangunan di daerah harus melalui mekanisme. Mulai dari musrenbang tingkat Kecamatan hingga provinsi, sudah tentu sesuai dengan aturan sebelum kegiatan pembangunan dilaksanakan.

“Pembangunan yang dilaksanakan sudah seharusnya berdasarkan aspirasi warga. Salah satunya melalui usulan yang sudah disampaikan,” ungkap Wakil Ketua DPRD Barito Utara, H. Aception, Senin (05/11/17).

Selain itu,  dewan sebagai wakil rakyat juga membantu usulan tersebut dengan mendorong pemerintah daerah dalam anggaran yang akan dikucurkan. Hal ini juga sesuai dengan apa yang menjadi tanggungjawab sebagai dewan.

Menurut Politisi PAN ini, setiap anggota dewan memiliki konstituen di wilayah daerah pemilihan masing masing. Sehingga ini harus diperjuangkan demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya meminta setiap program pemerintah daerah berpihak pada warga.

“Sebagai wakil dari masyakarat, kita hanya bisa menyerap aspirasi sesuai apa yang mereka usulkan,” kata Aception.

Dijelaskannya, program yang telah diusulkan masyarakat juga harus skala prioritas, karena melihat dari sisi anggaran sangat tidak memungkinkan. Sehingga dewan juga memaklumi masalah keterbatasan ini. Tapi setidaknya dengan banyaknya usulan warga, pemerintah daerah harus melihat kepentingan mana yang diprioritaskan.

“Kita berharap melalui usulan musrenbang mulai tingkat kecamatan, menjadi gambaran direalisasikannya pembangunan,” pungkasnya. (Bani)