Penyerahan Hasil Donasi Buku Sasar Tiga Tempat di Sungai Ringin

oleh
Penyerahan buku

SEKADAU – Aksi memberi buku tebar manfaat, kembali menyalurkan buku hasil donasi masyarakat di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (04/11/17). Tiga tempat menjadi sasaran penyaluran buku yaitu, Sungai Putat, Sungai Durian dan Suak Payung.

Penyaluran buku-buku tersebut disambut antuasis masyarakat, guru SD Negeri 14 Sungai Putat. Tak ketinggalan, Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir Brigadir Anggre Jaya Laksana turut menyumbangkan buku bacaan.

Sawludin, Ketua RT 27 Sungai Putat mengapresiasi penyaluran buku oleh tim aksi donasi tersebut. Ia mengatakan, pihaknya akan mengelola buku-buku yang diserahkan bagi masyarakatnya.

“Buku-bukunya disimpan di Masjid. Nanti kami akan buatkan rak buku, sehingga setelah salat dan mengaji anak-anak kalau mau baca tinggal baca,” ujarnya.

Pihaknya, mengucapkan terimakasih atas penyaluran buku yang menyasar Sungai Putat. Ia berharap, buku-buku tersebut semakin memudahkan anak-anak untuk belajar.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi anak-anak,” ucapnya.

Sedangkan, di Sungai Durian buku-buku tersebut diserahkan melalui Ketua RT 12, Abdul Rajak. Nantinya, buku-buku tersebut akan dikelola dan disimpan di Gereja yang ada di Sungai Durian. Selain itu, di Suak Payung juga akan disimpan di Surau setempat.

Sementara itu, Koordinator Aksi Memberi Buku Tebar Manfaat, Dina mengatakan, penyaluran buku tersebut bukanlah kali pertama dilakukan. Penyerahan buku tersebut, kata dia, sudah dilakukan dibeberapa tempat lainnya.

“Buku-buku tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat. Kami hanya perpanjangtangan, buku-buku yang terkumpul diserahkan lagi ke masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Ia mengatakan, tujuan penyerahan buku tersebut adalah untuk menyebarkan ‘virus’ baca sehingga memacu semangat anak-anak agar mau belajar dan membaca. Ketersediaan buku-buku tersebut diharapkan semakin dekat dengan anak.

“Kalau tidak ada, bagaimana anak mau belajar, setelah ada bukunya jangan hanya menjadi pajangan, tapi harus dibaca. Upaya ini merupakan wujud untuk semakin mendekatkan anak-anak dengan buku, ketika mereka sudah dekat otomatis mereka akan terbiasa mau membaca buku, itu juga menjadi bekal bagi masa depan mereka,” bebernya.

Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung aksi tersebut. Menurutnya, mustahil rasanya aksi tersebut bisa berjalan tanpa dukungan banyak pihak.

“Kami terimakasih kepada pihak kepolisian dan Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM) dan pihak Desa Sungai Ringin mendukung aksi ini. Untuk informasi hingga saat ini kami masih menerima donasi buku bacaan, alat tulis bahkan Al Quran, Iqro’ dan Alkitab. Disamping akademis, spiritual juga sangat penting,” kata dia.

Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir, Brigadir Anggrek Jaya Laksana turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Aksi tersebut, kata dia, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dibidang pendidikan.

“Pendidikan juga menjadi perhatian Presiden dan Kapolri. Tentu aksi ini sangat membantu sekali,” tuturnya.

Ia berharap, penyaluran buku tersebut bermanfaat bagi masyarakat, terutama anak-anak. Untuk itu, ia berharap aksi ini akan dapat terus dilakukan.

“Mudahan-mudahan buku yang disalurkan bermanfaat dan dibaca oleh anak-anak. Jangan sampai malah tidak dibaca, mudahan-mudahan kedepan buku-bukunya bisa ditambah,” pungkasnya. (Yahya)