Pedayung Kubu Raya Wakili Indonesia di arawak International Dragon Boat Regatta 2017

oleh
Para pengurus PODSI Kalbar

PONTIANAK – Pengprov PODSI Kalimantan Barat mengirimkan para pedayung terbaiknya, guna mengikuti Sarawak International Dragon Boat Regatta 2017, yang akan berlangsung di Kuching-Sarawak-Malaysia.

Sebanyak 26 tim dari tujuh negara, akan berlomba menjadi yang terbaik di ajang tahunan Sarawak International Dragon Boat Regatta 2017, yang akan berlangsung pada 10 dan 11 November 2017.

“Tim Kubu Raya ditunjuk untuk mewakili Indonesia, khususnya Kalimantan Barat,” ungkap Ketua PODSI Kalimantan Barat, Adrianus Asia Sidot kepada wartawan, Minggu sore (05/11/17).

Untuk itu, Adrianus berharap kepada tim Kubu Raya agar bisa mengharumkan nama Indonesia, khususnya Kalimantan Barat dengan meraih prestasi yang terbaik.

“Kita sudah memberikan motivasi maupun pembinaan teknis sebagai persiapan bertanding di kejuaraan internasional tersebut,” katanya.

Mudah-mudahan, keberhasilan yang akan diraih tim dayung Kalimantan Barat di ajang Sarawak International Dragon Boat Regatta 2017, sebagai tonggak menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX, yang akan berlangsung di Papua pada tahn 2020 mendatang.

Sementara Ketua KONI Kalimantan Barat, Fahrudin D Siregar mengatakan, KONI Kalimantan Barat telah memberikan peralatan untuk mengukur kecepatan atlet, kecepatan dayung, ataupun kecepatan sampan kepada PODSI Kalimantan Barat.

“Dari alat itu akan dilihat, siapa yang mengalami kemajuan. Serta bisa mengukur kekuatan para atlet,” tuturnya.

Untuk itu, Fahrudin berharap, agar tim Dayung Kubu Raya, yang mewakili Kalimantan Barat, bahkan mewakili Indonesia bisa meraih prestasi yang patut dibanggakan bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Suhadi SW, selaku Sekretaris KONI Kalimantan Barat selalu memberikan motivasi kepada para atlet, agar setiap tampil di event-event Nasional maupun internasional, bisa naik mimbar.

“Artinya para atlet yang tampil harus bisa berprestasi, sebagai Juara 1 juara 2 maupun juara 3. Karena biaya yang dikeluar dalam setiap event tidaklah sedikit dan harus dipertanggung jawabkan kepada Pemerintah maupun kepada masyarakat,” tegasnya.

Apalagi, sarana dan prasarana PODSI Kalimantan Barat sudah cukup memadahi. Dimana Kalimantan Barat memiliki sungai terpanjang di Indonesia dan Kalimantan Barat terkenal dengan Seribu Sungai.

“Sehingga tidak ada alasan bagi atlet Dayung Kalimantan Barat, untuk tidak berhasil dalam setiap mengikuti event Nasional maupun Internasional, mengingat sarana untuk latihan sudah cukup lengkap,” pungkasnya. (Ris)