Bertekad Raih Adipura Kedua Kali, Ini Yang Dilakukan Bupati Kapuas

oleh
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menerima Piala Adipura yang diserahkan langung oleh Presiden Joko Widodo

KUALA KAPUAS – Menghadapi penilaian Adipura tahap satu (P1) tahun 2017-2018, Pemerintah Kabupaten Kapuas semakin eksis melaksanakan berbagai kegiatan kebersihan guna meraih nilai yang terbaik.

Bahkan  Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bertekad agar daerah yang dipimpinnya ini bisa kembali meraih piala Adipura untuk yang kedua kalinya. Tekad ini ditunjukkannya dengan mengeluarkan sebuah instruksi bernomor 003/37/DLH.III/X/2017. Intruksi ini ditujukan kepada seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Kapuas maupun masyarakatnya.

Intruksi yang diterbitkan pada tanggal 25 Oktober 2017 tersebut tidak hanya bertujuan agar Kota Kuala Kapuas semakin bersih, Aman, Indah dan Ramah (AIR) sesuai motto Kota Kuala Kapuas yakni Kota AIR, tetapi intruksi tersebut juga mengajak seluruh masyarakat Kapuas senantiasa meningkatkan upaya pembiasaan hidup bersih dan sehat.

Selain itu juga bergotong royong dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan yang semakin baik dan menyehatkan, serta  selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan turut aktif dalam pengurangan dan penanganan sampah.

Kemudian penyelenggaraan kebersihan lingkungan dilaksanakan melalui koordinasi RT/RW dibawah pengawasan lurah dan camat, sehingga proses pewadahan/pemilahan, penyapuan dan pengumpulan serta pembuangan/pemindahan sampah dari lingkungannya ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sesuai jadual dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan sampah bekas perabotan, material sisa bangunan, tebangan dan pangkasan pohon agar tidak dibuang ke TPS tetapi langsung diangkut atau dibuang ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) yang terletak di Handel Palinget km 7,5 Kecamatan Pulau Petak.

Dalam instruksi ini juga meminta agar masyarakat tidak membakar sampah atau mengotori, merusak atau menghilangkan tempat sampah yang telah disediakan. Tidak membuang sampah, kotoran dan barang bekas lainnya disaluran air serta tidak menebang pohon penyangga atau resapan.

“Mari kita bersama-sama menghadapi penilaian Adipura 2017-2018 dengan selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tempat tinggal kita,” ajak Bupati Ben Brahim dalam intruksinya.

Ia juga menginginkan agar dapat membudayakan menanam pohon/tumbuhan dan merawatnya supaya dapat memperindah lingkungan atau berfungsi sebagai peneduh dan penyedia oksigen yang bersih. (irs)