Mulai Turnya, Donald Trump Dijadwalkan 11 Hari Kunjungan ke Asia

oleh
Presiden AS Donald Trump dan istrinya, Melania, tiba di Hawaii. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dijadwalkan akan menyambangi Jepang, Korea Selatan (Korsel), China, Vietnam dan Filipina. Perjalanan tur ke asia Donald Trump ini telah dimulai dan akan berlangsung selama 11 hari.

Dilansir dari BBC, Sabtu (4/11/17), perjalanan ini akan menjadi tur terpanjang Presiden AS dalam kurun waktu 25 tahun terakhir di benua asia. Tur Donald Trump ini dilakukan pada saat ketegangan AS meningkat dengan Korea Utara (Korut) akibat program nuklir dan uji coba rudalnya.

Trump diharapkan dapat menunjukkan front persatuan dengan Korsel dan Jepang sambil menekan China untuk mengambil jalur yang lebih kuat dengan Pyongyang.

Presiden Trump terbang pertama menuju ke negara bagian AS di Hawaii, dan akan mengambil bagian dalam sebuah briefing di Komando Pasifik AS. Dia juga akan mengunjungi tugu Peringatan USS Arizona di Pearl Harbor – tempat kejadian serangan Jepang tahun 1941 yang menarik AS ke dalam Perang Dunia Kedua.

Dari Hawaii, Donald Trump beserta istrinya, Melania Trump akan terbang menuju ke Jepang dan kemudian menuju ke Korea Selatan (Korsel).

Trump sebelumnya telah mengecam Korut atas uji coba rudal balistiknya.

Ajudan Donald Trump mengatakan, awal pekan ini bahwa Trump tidak akan pergi ke zona demiliterisasi yang diperkuat dengan ketat di perbatasan antara Korsel dan Korut.

Presiden AS ini pun dijadwalkan juga akan mengunjungi kamp Humphreys, sebuah kompleks militer AS di selatan ibukota Korsel, Seoul.

Sedangkan di Vietnam, Trump akan menghadiri KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Danang dan melakukan kunjungan kenegaraan ke Hanoi.

Persinggahan terakhirnya akan terjadi saat pertemuan puncak negara-negara Asia Tenggara di ibukota Filipina, Manila.

Terakhir kali seorang presiden AS melakukan perjalanan maraton ke Asia adalah ketika George HW Bush mengunjungi daerah tersebut pada akhir 1991 dan awal 1992.

Sementara di Jepang dalam perjalanan itu, Bush pingsan dan muntah saat jamuan makan. (BBC)