Panen Lele Dengan Sistem Bioflok

oleh
Wakil Bupati Didampingi Kadis Hangpang Hortikan Sanggau Saat Panen Lele Dengan Sistem Bioglok

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perikanan (Hangpang Holtikan) Kabupaten Sanggau, H. John Hendri melakukan panen ikan lele dengan sistem Bioflok di desa Bungkang, kecamatan Sekayam, Jumat (03/11/17).

Sebanyak 10 box bioflok masing-masing diisi 3000 ekor per box dan selama dua bulan, tujuh ekor sekilo.

“Ikanya higienis dan enak,” kata Kadishangpang Hortikan kabupaten Sanggau, John Hendri melalui telpon selulernya, Jumat (03/11/17).

John Hendri mengatakan, ikan lele dengan sistem Bioflok ini dikelola oleh kelompok dan merupakan bantuan dari Kementrian Kelautan Dan Perikanan RI diberikan untuk mendukung percepatan pembangunan daerah perbatasan.

“Berkaitan dengan pemasaran, untuk lokal Sekayam saja belum cukup, sebenarnya kita butuh lebih banyak dengan sistem seperti ini,” katanya.

Ditambahkannya, pengembangan ikan lele dengan sistem Bioflok ini sebagai percontohan inovasi baru sistem pemeliharaan ikan disamping keramba ikan dan kolam.

“Di Kalbar hanya di Sanggau, kecamatan Sekayam dan kecamatan Entikong, ” ujarnya.

Jon Hendri membeberkan, banyak keuntungan menggunakan sistem Bioflok, selain ikan yang higienis, kotoran ikan bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

“Ikannya bersih dan kotoran air ikan bisa digunakan untuk nyiram tanaman sayur. Disamping Bioflok yang dipanen ada tanaman sayuran yang subur, ” tuturnya. (indra)