Dinas PUPR Barito Utara Berjanji Perbaiki Kerusakan Jalan di Desa Rerawa

oleh
Kerusakan jalan di Desa Rerawa Kecamatan Gunung Timang akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Sebelumnya telah diberitakan tentang kerusakan jalan di Desa Rerawa, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut, sehingga ruas jalan penghubung menjadi terhambat dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barito Utara, Ferry Kusmiadi, Jum’at (03/11/17) mengatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat maupun pemberitaan media, pihaknya telah menurunkan lima orang tenaga teknis untuk melihat secara langsung kerusakaan.

Menurutnya, kerusakaan akibat longsor yang diakibatkan hujan deras kemarin, hanya sepanjang kurang lebih 8,5 meter saja. Dimana kerusakan itu memakan ruas jalan yang dilewati kendaraan bermotor.

“Saat ini kami dilapangan untuk melihat kondisi kerusakaan. Dan sehari setelah kerusakan kita juga berada di lokasi, ” kata Ferry Kusmiadi.

Dia juga menjelaskan, bahwa saat ini kondisi air di wilayah setempat masih dalam keadaan naik, sehingga agak sulit dalam melakukan perbaikan, sebab kerusakaan jalan tersebut lokasinya tepat berada dipinggiran sungai. Namun, untuk jalan bisa dilewati warga dilakukan perbaikan sementara, dengan membuat jalan darurat.

Dikatakannya, juga dalam melakukan perbaikan memang memerlukan waktu beberapa hari menunggu air surut, agar nantinya pekerjaan lebih baik. Sebab dalam penanganan pinggiran sungai harus dilakukan secara rapi untuk ketahanan bangunan agar tidak terjadi kejadian serupa.

Pihaknya juga berharap kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut dapat bersabar dan memaklumi kondisi sekarang dimana ketinggian air sedang naik akibat dari hujan, baik disekitar wilayah itu, juga di wilayah hulunya.

“Kita upayakan melakukan perbaikan agar akses warga tidak terganggu dan diharapkan beberapa hari kedepan bisa dilewati, karena kerusakan juga hanya tidak begitu panjang. Sehingga hanya memakan waktu beberapa hari saja, ” pungkasnya. (Bani)