Aneh.! ABK Ponton Tenggelam Saat Berenang di Sanggau

oleh
Pihak PT. ERNA DJULIAWATI Bersama Kepolisian Saat Membawa Jenazah ABK Yang Tenggelam Ke Teras Masjid. Foto : Indra

SANGGAU – Rimbo Prasetyo (22) warga Desa Cidora RT 004/RW 001, Kelurahan Cidora, Kecamatan Lumbir , Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, yang berprofesi sebagai Anak Buah Kapal (ABK) KM 01 Asialing 2058 menjadi korban kecelakaan kerja, Jumat (3/11/17) sekitar pukul 07.30 Wib di Jetti Lokspor (dermaga bongkar muat) milik PT. ERNA DJULIAWATI, Desa Sui Muntik, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Informasi yang diperoleh B-ONETV, peristiwa tersebut bermula, disaat KM 1 Asialing 2058 jenis ponton membawa loging milik PT. ERNA DJULIAWATI yang ditarik KM 01 Asia Ling dari Pangkal Embun Provinsi Kalimantan Tengah. Tiba di depan Jetti Lokspor (Dermaga bongkar muat) PT ERNA DJULIAWATI, sekira jam 07.30 Wib kemudian korban atas nama Rimbo, ABK Ponton melakukan tambat tali dengan cara berenang ketepi dermaga dari Ponton Log dengan berjarak kurang lebih 20 meter dari Ponton ke Jetti lokspor (Dermaga Bongkar Muat).

Saat korban berenang korban membawa tali plastik berukuran 20 meter untuk menyambung ke tali tambang tambat sekira berjarak kurang lebih 4 meter dari daratan. Namun korban tidak mampu dan kehabisan tenaga.

Kemudian korban minta tolong. Rekan korban bernama Acan berusaha berenang dan menolong namun tidak berhasil. Selanjutnya pihak PT ERNA DEJULIAWATI beserta Crew Kapal menghubungi Polsek Kapuas dan masyarakat Dusun Kayu Tunu sebanyak 15 orang untuk melakukan penyelaman.

“Ya sekitar jam 09.25 Wib, korban berhasil ditemukan oleh para penyelam kayu Tunu yang berjarak 15 meter dari TKP korban tenggelam,” kata salah satu warga yang enggan namanya disebutkan.

Selanjutnya korban di bawa ke teras Masjid PT. Erna Djuliawati guna dilakukan pengecekan oleh Dokter PT.Erna Djuliawati, Dr. Mahale yang menyebutkan bahwa korban sudah meninggal dunia. Korban di bawa ke RSUD Mth Djaman untuk menjalani visum.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Kepololisian belum bisa dimintai keterangan. Mengingat saat ini pihak Kepolisian dari Polres Sanggau sedang menggelar pertemuan di Mapolres bersama Waka Polda Kalbar. (Indra)