2018, Giliran Rumah Warga Bataguh dan Kapuas Tengah Diperbaiki

oleh
Ilustrasi - Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

KUALA KAPUAS – Pemerintahan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada tahun 2018 mendatang, kembali akan mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

Menurut Kepala Bidang Perumahan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Satriadi, program bantuan stimulan perumahan swadaya yang akan direalisasikan di Kapuas pada tahun 2018 nanti, adalah sebanyak 250 unit rumah.

“Jadi, tahun depan kita dapat lagi program BSPS dengan jumlah sebanyak 250 unit rumah, untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kecamatan Bataguh dan Kecamatan Kapuas Tengah,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (03/11/17).

Dalam program BSPS ini masing-masing rumah akan mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 15 juta. Uang sebesar ini digunakan untuk membeli bahan ramuan perumahan seperti kayu, seng dan lainnya.

“Yang mengerjakan rehab rumahnya nanti masyarakat sendiri secara swadaya,” terang Satriadi.

Mantan Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas ini menjelaskan, bantuan dana dari program BSPS ini sifatnya hanya untuk rehabilitasi, bukan untuk membangun rumah baru.

“Kalau bangun baru tentunya tidak cukup Rp 15 juta,” ujarnya.

Pada tahun 2017, program bantuan stimulan perumahan swadaya direalisasikan di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas meliputi Desa Pulau Telo, Desa Pulau Telo Baru dan Kelurahan Panamas. Sedikitnya, sebanyak 175 unit rumah warga tidak layak huni mendapatkan bantuan perbaikkan. (irs)