Tanah Longsor Akibat Hujan, Akses Jalan Desa Rerawa Terhambat

oleh
Warga melihat kondisi Jalan Desa Rerawa, Kecamatan Gunung Timang yang mengalami longsor, Rabu (01/11/17)

MUARA TEWEH – Akibat turun hujan yang mengguyur Kecamatan Gunung Timang, sejak Selasa malam hingga Rabu pagi (01/11/17), Jalan Desa Rerawa, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara,  Kalimantan Tengah mengalami longsor, sehingga membuat akses warga terputus.

Ahar, warga setempat mengatakan, jalan longsor tersebut merupakan akses satu satunya warga menuju ibu kota kecamatan dan juga kabupaten. Akibat jalan yang mengalami longsor, membuat kendaraan roda empat tak bisa melewati jalan tersebut.

Menurutnya, longsor pada bahu jalan tersebut nampaknya semakin parah, karena sudah memakan bahu jalan. Bila tidak segera diatasi, akses warga beberapa desa akan terganggu terutama yang menggunakan kendaraan bermotor.

“Akibat hujan tadi malam, jalan longsor dan tidak dapat dilewati menggunakan kendaraan roda empat. Sedangkan roda dua, itupun harus ekstra hati hati,” kata Ahar kepada wartawan, Rabu siang (01/11/17).

Jalan yang ada saat ini memang telah selesai dilakukan pengaspalan, namun karena longsor, maka warga minta agar dinas terkait segera turun tangan. Karena bila tidak ditangani dikhawatirkan akan bertambah parah.

“Apalagi dengan kondisi hujan seperti sekarang,” tuturnya.

Sebab jalan tersebut tepatnya di pinggir sungai, sehingga bila air naik, longsor akan bertambah parah.

“Sebagai warga hanya berharap dinas yang membidangi masalah jalan, segera melakukan penanganan cepat. Bila tidak, maka akses warga terhambat,” katanya.

Saat ini kata dia, warga hanya bisa melihat kondisi jalan karena tidak memiliki alat untuk melakukan perbaikan, apalagi dengan kondisi jalan yang berada persis di pinggiran sungai.

“Warga sangat berharap sebelum kerusakan tambah parah dinas terkait segera turun tangan,” pungkasnya. (Bani)