Penyematan Pita, Tanda Dimulainya Operasi Zebra di Mempawah

oleh
Penyematan pita kepada peserta dalam rangka dimulainya oprasi zebra kapuas 2017

MEMPAWAH – Guna menertibkan dan memberikan rasa kesadaran akan aturan berlalulintas serta mencegah terjadinya kecelakaan, Polres Mempawah menggelar pasukan dan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Zebra Kapuas 2017. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Mapolres Mempawah, Rabu (01/11/17) dipimpin Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.ik.

Dalam sambutannya, Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.ik mengatakan, para pengendara diminta untuk tidak menyepelekan surat-surat maupun perlengkapan kendaraan bermotor saat berkendara di jalan raya.

“Sehingga, operasi ini digelar untuk menegakkan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Tujuannya untuk menekan pelanggaran sekaligus menekan angka kecelakaan lalulintas,” katanya.

Apalagi kecelakaan di jalan raya, salah satunya disebabkan karena ketidakpatuhan masyarakat pengguna jalan terhadap disiplin dan etika berlalulintas.

“Kita berharap kesadaraan dan kepatuhan berlalulintas masyarakat lebih meningkat,” tuturnya.

Berdasarkan hasil evaluasi, pelanggaran yang sering ditemukan di lapangan diantaranya, kelengkapan kendaraan, baik dalam surat-surat berkendara hingga kelengkapan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

“Seperti berkendara tak dilengkapi SIM/ STNK, tidak mengenakan helm, lampu yang tidak sesuai, ridka menggunakan spion, knalpot bobokan, tonase, serta dimensi muatan kendaraan,” pungkasnya. (Hamzah)