Ini Manfaat Perpustakaan Bagi Masyarakat

oleh
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas mengajari warga keterampilan membuat bunga dari bahan sabun mandi

KUALA KAPUAS – Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat untuk membaca dan meminjam buku, tetapi juga untuk memberikan life skill kepada masyarakat bahwa dengan membaca ada sesuatu hal positif yang didapatkan masyarakat.

“Misalnya dengan keterampilan, yang salah satunya membuat bunga dari sabun mandi yang sumbernya dari bahan-bahan referensi dari perpustakaan,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Hj Nor Afiati, usai mempromosikan budaya gemar membaca di Desa Bungai Jaya dan Desa Tambun Raya, Rabu (01/11/17).

Karena itulah, lanjut Nor Afiati, dalam mempromosikan budaya gemar membaca untuk desa, Disarpustaka Kapuas juga sekaligus memberikan motivasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa perpustakaan itu sangat penting, pertama untuk merubah pola piker.

Kemudian juga untuk mengubah kualitas hidup sesorang, yang salah satunya dengan adanya penemuan atau inovasi dari masyarakat yang memanfaatkan perpustakaan untuk tempat belajar dan sebagai tempat pusat informasi.

“Salah satunya es krim jagung yang jadi inovasi dari ibu Fatimah pengelola perpustakaan Desa Tambun Raya, yang hari ini sudah kita nikmati hasilnya dan kita promosikan,” tukasnya.  (irs)