Muslimat NU Kapuas Ajari Warga Mandikan Jenazah

oleh
Muslimat NU Kapuas

KUALA KAPUAS –  Sebanyak 40 peserta yang tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti Pelatihan Penyelenggaraan Fardu Kifayah yang digagas PC Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Kapuas, Selasa (31/10/17).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas ini juga dihadiri Ketua NU Kapuas H Nurani Sarji, Ketua Pengadilan Agama Hj Nurhayati, Pembina LPTQ KH Muchtar Ruslan, Kepala Kemenag H Ahmad Bahruni serta organisasi wanita yang di Kabupaten Kapuas.

Menurut ketua panitia penyelanggara, Mahmubah, materi yang diajarkan dalam pelatihan ini antara lain adab menjeguk orang sakit dan adab menghadapi sakaratul maut.

“Kami mengajarkan dan mempraktekan juga bagaimana tatacara memandikan jenazah/ fardu kifayah dan pelatihan ta’jiah. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi semua,” ungkapnya.

Ketua PC Muslimat NU Kapuas, Nurhayati menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Daerah Kapuas, terutama dari Pelindung PC Muslimat NU Kapuas.

“Atas nama pengurus saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya selama ini,” ucapnya.

Sementara itu, penasehat sekaligus pelindung PC Muslimat NU Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, menyambut baik kegiatan ini. Selain sebagai wahana meningkatkan ilmu pengetahuan dalam hal penyelenggaraan jenazah juga sebagai wahana silahturahmi.

Sebagaimana diketahui dalam rukun Islam hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah. Itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensolatkan dan menguburkan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

“Saya ingin ilmu yang didapat nantinya dapat ditularkan kepada orang lain terutama generasi muda agar peduli terhadap bidang penyelenggaraan jenazah. Untuk itu, saya berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunguh,” pinta Ketua TP PKK Kapuas ini kepada peserta pelatihan. (irs)