Sekda Kapuas Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

oleh
Sekda Kapuas, Rianova, saat menjadi inspektur upacara peringatan hari sumpah pemuda

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017 di Stadion Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin (30/10/17) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kapuas, Rianova.

Pada acara ini, Sekda Kapuas membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. Sekda menyampaikan, delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada 28 oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Kramat Raya Daerah Kwitang Jakarta.

“Pada kesempatan itu mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia, yang mana kejadian itu merupakan sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut Sekda membacakan sambutan Menpora, agar api semangat sumpah pemuda tersebut harus diambil dan terus dinyalakan, serta mengajak agar berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda di Kapuas saat itu juga diisi dengan pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928. Usai upacara dilakukan penyerahan piala dan piagam lomba membaca puisi tingkat pelajar, lomba menggambar atau mewarnai serta lomba busana etnik nusantara seni karnaval. (irs)