Bupati Minta Pemuda Bersatu Bangun Daerah

oleh
Bupati Saat Menyaksikan Pengibaran Bendera Pada Peringatan Sumpah Pemuda Yang Berlangsung di Halaman Pemda Sanggau

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi meminta pemuda Sanggau bersatu membangun daerah dan jangan mau dicerai berai oleh perbedaan. Sudah saatnya pemuda Sanggau menunjukan prestasi yang membanggakan. Demikian disampaikan Bupati saat menjadi inspektur upacara peringatan hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di halaman Pemda Sanggau, Senin, (30/10/17) pagi. Seperti tahun sebelumnya, upacara peringatan sumpah pemuda tahun ini diikuti oleh peserta dengan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing.

Bupati menambahkan, perjuangan para pemuda 28 Oktober 1928 jauh lebih berat. Mereka berhasil menyatukan perbedaan sehingga keluarlah ikrar sumpah pemuda. Oleh karena itu, Bupati meminta pemuda masa sekarang menjaga ikrar yang diucapkan pemuda 28 Oktober 1928 untuk melanjutkan prmbangunan bangsa khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Saya minta pemuda Sanggau stop hal yang tidak penting dan sudah saatnya kita menunjukan prestasi. Tadi saya bangga, ternyata banyak anak-anak kita dari Sanggau ini yang berprestasi, kita punya peneliti cilik yang mengharumkan nama daerah. Dan prestasi lain yang ditunjukan anak-anak kita,” katanya.

Hari ini, lanjut PH, sapaan akrab Bupati Paolus Hadi, peringatan sumpah pemuda kita rayakan dengan menggunakan pakaian adat masing-masing. Hal itu bertujuan untuk menujukan bahwa kita memang berbeda, tetapi bukan berarti kita tidak bisa bersatu.

“Jangan sampai karena perbedaan warna baju, warna kulit, agama dan lain sebagainya itu membuat kita terpecahbelah,” ingatnya.

Bupati mengaku hari ini pemuda Sanggau kurang kompak. Untuk itu, dia berkeinginan merajut kembali pemuda-pemuda di Kabupaten Sanggau. Untuk itu, Bupati menugaskan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga untuk membina pemuda-pemuda di.Kabupaten Sanggau.

“Kalian himpun seluruh pemuda yang ada di Sanggau ini. Jangan takut ngomong suku, ngomong agama, karena tahun 1928 itu mereka (pemuda) indonesia berasal dari berbagai suku,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang meminta pemuda Indonesia berani bersatu. Hadir juga dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Yohanes Ontot, Sekda Sanggau Al Leysandri, Kapolres AKBP. Oki Waskito. Kasdim 1204/Sgu Mayor Inf. Rendra Satrio Wibowo, Wakil Ketua Pengadilan I Ketut Somansa, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Sanggau Erhan Lidiansyah, pimpinan OPD, PNS, TNI/Polri, Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pelajar di Kota Sanggau. (indra)