Ikuti Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018, Wabup Sanggau Minta Masyarakat Jangan Golput

oleh
Wakil Bupati Melepas Peserta Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 di Halaman Kantor Bupati Sanggau. Foto : Indra

SANGGAU.- Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meminta masyarakat Sanggau yang telah memenuhi syarat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang dengan Langsung, Umum Bebas dan Rahasia (Luber).

Demikian dikatakan orang nomor dua di Sanggau itu saat membuka gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 yang dipusatkan di halaman Pemkab Sanggau, Minggu (29/10/17) pukul 06.30 Wib.

Wakil Bupati sangat menyambut baik dilaksanakannya jalan sadar pemilihan serentak 2018 yang digagas KPU. Dia berharap dari kegiatan ini kesadaran masyarakat Sanggau menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu semakin tinggi.

Sementara itu, Ketua KPU RI, dalam sambutannya yang dibacakan Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih menyampaikan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara langsung merupakan perwujudan demokrasi ditingkat lokal. Ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya dengan harapan terpilihnya pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, integritas dan akseptabilitas.

Dia menambahkan, diera otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun daerah tetapi juga mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari rakyat. Pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak 2018. Daerah yang mengikuti terdiri dari 17 Provinsi dan 39 Kota dan 115 Kabupaten.

Wakil Bupati Didampingi Kapolres dan Wakil Pengadilan Negeri Sanggau Bersama Masyarakat Saat Mengikuti Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018. Foto : Indra

Menurutnya, karena penyelenggaraan pemilhan serentak tahun 2018 berdekatan dengan Pemilu 2019, maka tak dapat dipungkiri suhu politik akan lebih hangat dibanding pemilihan serentak tahun 2015 dan 2017. Karena itu, penyelenggara Pemilu disemua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas.

“Berikan pelayanan yang adil dan merata kepada semua peserta pemilihan,” pesannya.

Dikatakannya, gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 yang digelar hari ini bukan agenda sesaat dan seremonial belaka. Kegiatan hari ini merupakan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilu (GSP) secara berkelanjutan.

“Kita menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan mereka. Tugas kita adalah menyadarkan publik bahwa pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah untuk 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Oleh karenanya, KPU mengimbau rakyat jangan menodai suaranya dengan urusan tertentu dan tak bernilai.

“Sudah saatnya kita sebagai pemilih menggunakan hak dengan penuh tanggung jawab,” tuturnya.

Hadir juga dalam gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 tersebut, Kapolres Sanggau AKBP Oki Waskito, Kasdim 1204/Sgu Mayor Inf. Rendra Satrio Wibowo, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sanggau I Ketut Somanasa, Pimpinan OPD, Ketua KPU Sekundus Ritih beserta seluruh Komisioner KPU Sanggau, pimpinan partai politik, pimpinan/perwakilan bank se-Kota Sanggau, tokoh masyarakat dan pelajar di Kota Sanggau. Gerak jalan sadar pemilihan diakhiri pukul 08.00 Wib dengan pembagian puluhan door prize kepada peserta. (Indra)