Gubernur Kalteng Alokasi Rp 3 Milyar Untuk Pramuka

oleh
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran memberikan pertanyaan kepada peserta, usai peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Kalteng. Foto : tva

PALANGKA RAYA – Dimata Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, peringatan Hari Pramuka 2017, tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, masih kurang meriah. Begitu juga dengan persiapan pelaksanaan. Agar peringatan pada tahun depan lebih meriah lagi, dibanding tahun ini, ia akan mengalokasikan dana sebesar Rp 3 miliar.

“Saya berharap tahun depan lebih siap lagi, khususnya dari segi pendanaan. Bukannya sekarang tidak siap, tetapi memang karena anggaran yang disetujui hanya Rp 500 juta dari Rp 2 miliar yang diusulkan,”kata Gubernur dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Kabariat Tuah Pahoe Palangka Raya, Sabtu (28/10/2017).

Peningkatan anggaran untuk kegiatan pramuka, hendaknya juga dapat dilakukan seluruh kabupaten/kota, sehingga siapapun nanti yang dipercaya menjadi tuan rumah, dapat melaksanakannya lebih meriah lagi.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini, berpesan, agar pramuka lebih digaungkan lagi di berbagai lini kehidupan, sehingga karakter generasi penerus dapat selalu terjaga. Apalagi saat ini, tak dipungkiri, akibat salah pergaulan, pemakaian narkoba maupun minuman keras di kalangan generasi penerus semakin memprihatinkan.

“Tapi saya yakin, adik-adik pramuka tidak ada yang memakai narkoba dan minum-minuman keras. Saya ingin kedepan Kalimantan Tengah, maju, mandiri untuk segenap rakyat menuju Kalteng berkah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalteng, Sipet Hermanto, dalam laporannya menjelaskan, peringatan Hari Pramuka juga dilakukan di seluruh kabupaten/kota, dengan diisi kegiatan bagi peserta didik dan bakti masyarakat.

Adapun berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Pramuka, yakni kemah besar pramuka penegak dan pandega, kegiatan siaga dan penggalang, temu pelatih dan pembina dan ulang janji.

“Saat ini juga Kalteng tengah mengikuti lomba tingkat di Cibubur. Kita doakan adik-adik kita dapat meraih prestasi terbaik,” imbuhnya.

Setelah upacara berakhir, gubernur memberikan pertanyaan kepada sejumlah peserta. Bagi yang bisa menjawab, akan diberikan hadiah seperti sepeda.(tva)