Tim Saber Pungli Polda Kalteng Sosialisasikan Penggunaan Dana Desa di Murung Raya

oleh
Suasana sosialisasi Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng Bidang Pendidikan dan Dana Desa di Kantor Bupati Mura, Jumat (26/10/2017). Foto : Supri

MURUNG RAYA – Tim gabungan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang dipimpin oleh Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) mengumpulkan beberapa Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam pertemuan yang dilaksanakan di kantor Bupati Murung Raya hari ini, Jumat (27/10/17).

AKBP Poedjo SY, Ketua Tim Saber Pungli dari Polda Kalteng dalam arahannya mengatakan, kedatangan pihaknya itu bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dana desa serta juga bidang pendidikan.

Untuk tim Satgas Saber Pungli yang datang, AKBP Poedjo mengatakan selain dari Polda Kalteng juga terdapat pihak dari Inspektorat Provinsi Kalteng dan perwakilan Ombusman Provinsi. Sedangkan tim dari Kejaksaan, menurut AKBP Poedjo tidak bisa hadir karena berhalangan.

“Untuk pengawasan dana desa, sudah ada intruksi Bhabinkantibmas desa harus ikut mengawasi dana desa. Makanya dalam waktu dekat akan dikumpulkan Bhabinkantibmas se-Kalteng yang jumlahnya kurang lebih 750 orang untuk diberi pelatihan seputar dana desa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Murung Raya, H. Darmaji mengingatkan hendaknya para pengguna keuangan negara, utamanya kepala desa untuk terlebih dahulu memahami bahwa dana yang diberikan tersebut bukan milik pribadi.

“Makanya kalau sudah ada tertanam pemahaman bukan dana milik pribadi, berarti setiap rupiah yang digunakan harus ada tanggung jawabnya,” jelas Darmaji.

Menurut Darmaji, hendaknya dalam penggunaaan desa desa antara Kepala Desa maupun anggota BPD untuk saling bersinergi dan yang paling penting saling mengingatkan agar penggunaan anggaran desa bisa sesuai aturan. (Supri)