Polres Barut Siap Kawal Pembangunan Desa

oleh
Serahterima jabatan tersebut diantaranya kasat reskrim AKP. Benito Harleandra S. I. K kepada AKP. Wiwin Juniarto Supriadi, SIK. Kemudian Kasat Intelkam AKP. Aries Nugroho kepada Iptu Setyo Sidik pramono, SH, kasat lantas dari AKP Teguh Setia Budi kepada Marsono, SH dan Kapolsek Teweh Timur Ipda Firmansyah kepada Ipda Anis. Serahterima jabatan ini langsung dipimpin oleh Kapolres AKBP. Tato Pamungkas Suyono dan jajaran perwira dan bintara

MUARA TEWEH – Kesekapatan antara Kepolisian Republik Indonesia dengan Kementerian Desa tentang MoU kerja sama dalam melakukan pengawalan pembangunan Desa, tentu saja hal ini sangat baik, guna mencegah penyimpangan penggunaan anggran.

Kapolres Barito Utara, AKBP Tato Pamungkas Suyono didampingi Kabag Ops Kompol Yudhafatie usai serah terima jabatan beberapa periwira, Jumat (27/10/17) mengatakan, perintah pimpinan harus dijalankan.

Pihaknya, juga akan mengundang pemerintah daerah, dinas terkait dan para camat serta kepala desa untuk merumuskan permasalahan yang masuk dalam kerja sama pengawalan dana desa.

“Tentu saja dalam program Desa, program apa yang saja yang akan dilaksanakan dan ini harus tercantum melalui perencanaan, agar nantinya pengawasan bisa dilakukan secara seksama,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pengawalan dana desa, yang lebih berperan adalah kapolsek di wilayah masing masing, dimana saat ini ada sembilan Kecamatan dan sembilan puluh tiga Desa yang menerima dana desa.

“Masalah pertanggungjawaban ada pada polsek masing masing. Dimana seluruh Kapolsek nantinya diminta pertanggungjawaban,” kata Kapolres.

Upaya pengawalan dana desa, tidak lain agar penggunaan anggaran lebih transparan dan mencegah kebocoran dan penyimpangan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan pemerintah pusat. Sebab nantinya setiap penggunaan anggaran berapapun, harus dipertanggungkawabkan.

Dengan adanya kerja sama dalam bidang pengawalan, tentunya pihak kepolisian tidak tutup mata bila ada penyimpangan dan harus diproses secara hukum.

“Namun kita berharap dengan program ini pembangunan dapat berjalan lebih baik demi kesejahteraan seluruh masyarakat. Hal inilah yang diharapkan pemerintah pusat,” pungkasnya. (bani)