Target Perekaman e-KTP di Sanggau Capai 80% Hingga November 2017

oleh
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau, H. Zawawi. Foto : Indra

SANGGAU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau menargetkan perekaman KTP Elektronik (e-KTP) mencapai 80 persen hingga akhir November 2017. Target tersebut sebagai wujud komitmen Disdukcapil mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah, demikian hal itu diakui Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau, H. Zawawi saat ditemui B-ONETV diruang kerjanya, Kamis (26/10/17).

Zawawi membeberkan, data sampai bulan September 2017, jumlah penduduk 482.500, wajib KTP 354.753, sudah perekaman 254.635, belum perekaman 100.118, cetakan reguler 217.989, belum cetak 36.646.

“Ini data hingga Sebtember, karena Oktober kan masih berjalan, dalam arti belum direkap,” kata Zawawi.

Dia mengaku tidak berani menjamin 100 persen selesai perekaman hingga November 2017, mengingat data yang kerap berubah-ubah.

“Ada yang meninggal, ada yang mencapai umur 17 tahun,” ujarnya.

Dia mengakui, antusiasme masyarakat melakukan perekamanan e-KTP tergolong rendah. Hal itu bisa dibuktikan saat petugas jemput bola perekaman di Kecamatan-Kecamatan.

“Saya berani ngomong seperti itu karena laporan yang saya terima dari petugas di lapangan, tapi memang ada juga Kecamatan yang antusiasme perekamannya cukup tinggi, tetapi secara umum masih tergolong rendah, padahal sebelumnya sudah kita sosialisasikan ke masyarakat,” pungkasnya.

Untuk mengakalinnya, Disdukcapil akhirnya menurunkan petugas perekaman hingga ke Desa-Desa.

“Sekarang kita turunkan dua tim, masing-masing tim beranggotakan empat orang, mereka memang khusus ditugaskan melakukan perekaman, jadi mereka tidak boleh ada di kantor, tugas mereka di lapangan,” katanya. (Indra)