Tak Temukan Sabu, Polisi Temukan Senpi Rakitan di Rumah JMD

oleh
Pelaku dan barang bukti

SINGKAWANG –  Jajaran Polres Singkawang melakukan penggerebekan di salah satu rumah yang berada di Jalan Selamat, Kelurahan Sungai Garam, Kecamatan Singkawag Utara, Kalimantan Barat.

Dalam penggerebekan tersebut, tidak ditemukan sabu, namun polisi menemukan senjata api rakitan dari tangan JMD, yang diduga sebagai pengedar narkotika di wilayah Kota Singkawang.

“Saat dilakukan penggeledahan terhadap pelaku, polisi tidak menemukan alat bukti berupa narkoba, hanya menemukan senjata api rakitan laras pendek dengan 3 butir amunisi yang tersimpan di dalam tas berwarna hitam dan satu buah roti kalung atau alat pemukul dari besi yang digenggam pada tangan pelaku,” kata Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat, Kamis (26/10/17).

Menurut Kapolres, penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan bahwa di rumah tersebut dicurigai adanya seseorang yang diduga sebagai pengedar narkoba. Berbekal dari informasi itulah, pihaknya kemudian mengerahkan anggota untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan.

“Kemudian tim bergerak menuju sasaran, setelah mendapat arahan dari Kasat Narkoba. Sesampainya di TKP, salah seorang anggota menghubungi perangkat RT untuk kemudian dilakukan pengeledahan,” ujarnya.

Atas temuan itu, JMD beserta barang bukti langsung dibawa ke Polres Singkawang guna dilakukan pemeriksaan dan pengembangan.

“Untuk sementara ini, pelaku dikenakan UU darurat dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan pengembangan oleh Satreskrim Polres Singkawang,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, JMD mengaku jika senjata api itu merupakan milik temannya.

“Itu titipan teman saya. Karena dia butuh uang lalu meniitipkan senpi itu ke saya dengan imbalan uang sebesar Rp200 ribu,” katanya.

Menurutnya, penitipan senjata api itu sudah 3 bulan berada di tangannya. “Saya pun tidak pernah menggunakan senpi itu untuk kejahatan, hanya sekedar untuk membantu teman saja karena butuh uang,” ujarnya. (mizar)