Satu Bulan DPO, Polisi Bekuk Pelaku Curanmor di Banjar

oleh
Pelaku Curanmor

BANJAR – Satuan Polisi Polres Banjar berhasil membekuk pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) oleh Unit Reskrim Polsek Martapura Barat di jalan Ampera Raya Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat, kota Banjarmasin, Selasa (24/10/17).

Pelaku atas nama inisial AF (39) warga Jalan Sungai Lulut, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar yang sempat menjadi DPO hampir satu bulan. Saat ditangkap pelaku tidak bisa berkutik saat disergap oleh Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel dan Unit Reskrim Polsek Martapura Barat.

Diketahuan pelaku AF diduga kuat telah melakukan pencurian kendaraan bermotor merk Yamaha Jupiter warna biru dengan Nopol DA 3964 IJ milik H. Anang Sani warga dijalan Irigasi Riam Kanan RT. 05 Desa Sungai Rangas Hambuku, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar pada 26 September 2017.

Kapolsek Martapura Barat Iptu Wahyudi mengatakan kronologis kejadian Curanmor tersebut bermula ketika pelaku menggunakan motor milik korban tanpa sepengetahuan korban. Pada saat itu korban pun tidak merasa curiga karena pelaku sudah mengenalnya.

“Mulanya korban mengira pelaku hanya memakai motornya untuk keperluan saja, namun hingga hamper satu bulan menunggu, pelaku tidak kunjung juga mengembalikan motor milik korban tanpa ada penjelasan sama sekali dari pelaku, kemudian korban pada selasa 24 oktober 2017 melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Martapura Barat,” kata Iptu Wahyudi, Rabu (25/10/17).

Lanjutnya, sebelum melapor korban sudah mencari pelaku ke rumahnya namun pelaku tidak ada. Setelah itu korban merasa dirugikan dan kemudian korban melaporkan ke Polsek Martapura Barat.

“Setela mendapat laporan, Unit Reskrim Polsek Martapura Barat dibantu oleh Resmob Polres Banjar dan Polda Kalsel melakukan pengejaran terhadap pelaku, dan akhirnya kurang dari 12 jam pelaku berhasil ditangkap yang tengah bersembunyi dirumah saudaranya yang ada di Kota Banjarmasin,” kata Kapolsek.

Atas perbuatanya kini pelaku mendekam dipenjara Polsek Martapura Barat untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Pelaku dan barang bukti sudah kita amankan,  dan untuk pelaku kita kenakan pasal 363 KUHP,” pungkasnya. ((Sayyid)