Satgas Saber Pungli Kalteng Ingatkan Perangkat Desa Jangan Salah Gunakan DD

oleh
Rapat Koordinasi tim Saber pungli dengan perangkat Desa di Barito Utara

MUARA TEWEH – Ketua Satgas 7 tim Saber Pungli provinsi Kalteng AKBP Poedjo SY memperingatkan kepala desa dalam mengelola dana desa harus transparan. Dalam penggunaan anggaran dirapatkan dengan pemangku kepentingan di desa.

Kemudian yang rawan penyimpangan adalah masalah harga yang dikelola sendiri, sehingga tidak menggunakan harga pasaran. Kemudian perjalanan dinas fiktif. Kemudian mark up honor perangkat desa dan juga harga alat tulis kantor.

“Memang modus ini yang sering digunakan oleh kepala desa. Jadi modus penyimpangan seperti sering ditemukan,” ungkapnya saat  rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten Barito Utara yang dihadiri perangkat Desa,  di aula Setda, Kamis (26/10/17).

Menurutnya, saat ini pengelolaan dana desa telah dikawal oleh pihak kepolisian, dimana nantinya satu desa dikawal satu bhabinkamtibmas. Dimana penanggungjawabnya adalah Kapolsek setempat.

Lebih penting lagi dalam pengawalan dana desa, adalah keikutsertaan warga dalam pengawasan pembangunan di wilayah masing masing..

“Kita ingatkan kepala desa jangan sampai cari keuntungan dari dana desa, karena kalau mau kaya jadilah pengusaha,” pungkasnya. (Bani)