Rendahnya SDM Penyebab Lambatnya Penyaluran Dana Desa di Murung Raya

oleh
Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Dommy Juan.

MURUNG RAYA– Masih cukup rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) bagi perangkat desa yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura) dianggap menjadi kendala lambatnya penyaluran dana desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Dommy Juan saat dikonfirmaai mengatakan selain masalah SDM tersebut, masalah jarak dari desa ke ibu kota kabupaten juga menjadi kendala yang tidak bisa terbantahkan.

“Kalau secara umum kendala kita yang pertama masalah jarak, utamanya desa yang jangkauannya jauh. Yang kedua dari SDM yang masih dinilai kurang,” ungkap Dommy saat dikonfirmasi, Kamis (26/10/17).

Disampaikan Dommy juga dalam pelaporan dana desa yang harua menggunakan sistem aplikasi tentunya menjadi sebuah tantangan yang harua dihadapi pihaknya ditengah masih banyaknya para perangkat desa yang belum paham cara menggunakannya.

“Untuk aplikasi pelaporan keuangan desa sendiri setiap tahun bahkan bulan bisa berubah, jadi caranya sesering mungkin dilakukan pelatihan maupun pembinaan. Kalau motode kita mengakali hal ini dengan cara langsung turun ke tiap kecamatan dan untuk tahun ini cuma tiga desa yang bisa kita laksanakan karena terbentur dengan anggaran kegiatan,” tambah Dommy lagi.

Sementara itu Dommy juga menjelaskan dalam pencairan dana desa tahun 2017 untuk tahap satu sebanyak 60 persen dari dari dana yang diberikan ke semua desa sudah desa yang ada di Mura mencairkanya, akan tetapi untuk selesai pengerjaan dilapangan pihaknya masih belum ada mendapat laporan.

“Sementara untuk syarat pencairan tahap dua 75 persen dari 116 desa sudah terlapor. Kita dari DPMD juga sidah melaporkan ke DPKAD, sementara DPDAD memasukan ke aplikasi, setelah itu baru ada pemberitahuan dari pusat tahap dua bisa dicairkan,” tambah Dommy. (Spri)