Polisi di Kabupaten Ini Siap Proaktif Awasi Penggunaan Dana Desa

oleh
Aparat Polres HSU

AMUNTAI – Polres Hulu Sungai Utara (HSU), siap kawal dana desa dengan ikut terjun secara aktif dalam memantau dan mengawasi dana Desa.

Kasub Bag Humas Polres HSU Iptu Alam SW menagatakan tugas yang dijalakan untuk mengawal dana desa tersebut, sesuai dengan kesepakatan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Meneteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

“Kapolsek kini bertanggungjawab untuk mengawasi penggunaan dana desa. Agar dana desa tepat sasaran, dan terhindar dari penyelewengan,” katanya, Kamis (26/10/17)

Karena itu, katanya lagi, sejumlah anggota Bhabinkamtibmas Polres HSU langsung melihat spanduk pengumuman dana desa yang terpasang di desa binaannya.

“Spanduk ditempatkan di tempat strategis mudah terbaca orang banyak,” ujarnya

Agus menambahkan, bhabinkamtibmas harus serius dalam pemantauan dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dana desa tak bisa dipandangan sebelah mata.

“Soal sanksi bagi anggota yang nakal, juga menjadi perhatian serius, jika ada angggota Polri yang ikut bermain dalam penyelewengan dana desa. Akan diberikan hukuman yang beras,” tegasnya

Dari hasil pantauan yang dilakukan, sudah beberapa orang bhabinkamtibmas yang memantau di desa binaanya di wilayah jajaran polres HSU. Terlihat dilapangan pemerintah desa juga telah berani bertindak secara transparan dengan measang spanduk dimasing-masing desa.

“Jadi masyarakat pun bisa melihat serta mengetahui secara jelas peruntukannya,” pungkasnya (yusuf)