Kelompok Wanita Tani di Kubu Raya Dapatkan Pelatihan Teknologi Pertanian Hidroponik

oleh
Suasana pelatihan metode tanam teknologi hidroponik di Komplek Green Garden, Jalan Wonodadi 2, Kubu Raya. Foto : Dody

KUBU RAYA – Pelatihan metode tanam teknologi pertanian hidroponik berlangsung pada Kamis pagi (26/10/17) di Komplek Green Garden, Jalan Wonodadi 2, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat, dan diikuti oleh puluhan peserta Ibu-Ibu Komunitas Hidroponik daerah setempat.

Tagam Manalu, Kasi Agribisnis UPT-TAT Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat mengatakan, Kamis (26/10/17), bahwa pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari, pertama adalah untuk memperkenalkan alat media tanam teknologi pertanian hidroponik kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Wangi, Desa Arang Limbung, Kubu Raya.

“Alat-alat yang dikenalkan adalah pompa air, rock wall tds (pengukur ppm), netpot, steorefom, nutrisi dan instalasi alat hidroponik berupa pipa paralon 3 inci dan 2,5 Inchi serta penyambungnya,” ujarnya.

Lanjut Manalu, pelatihan yang kedua akan memperkenalkan tehnik budi daya sistem teknologi pertanian hidroponik.

“Seperti praktek penyemaian, penanaman, pencampuran nutrisi tanaman hidroponik, pengendalian hama dan penyakit,” ujarnya.

Dalam hal ini, Manalu pun berharap agar para peserta dapat memahami tentang metode budi daya sistem teknologi pertanian hidroponik. (Dody)